Rabu 06 Sep 2023 16:22 WIB

Ingin Berkunjung ke Madain Saleh? Begini Rutenya dari Jeddah   

Ada beberapa perjalanan dari Jeddah ke Al Ula atau Madain Saleh.

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Muhammad Hafil
Madain Saleh
Foto: Alarabiya
Madain Saleh

REPUBLIKA.CO.ID, JEDDAH -- Ada beberapa cara untuk melakukan perjalanan dari Jeddah ke Al Ula atau Madain Saleh. Tergantung pada moda transportasi pilihan turis, perjalanan anda akan melintasi gurun Arab Saudi dapat memakan waktu antara tiga hingga delapan jam. 

Daya tarik Al Ula, dengan sisa-sisa sejarahnya, bentang alamnya yang mempesona, dan pengalaman budayanya yang unik, tidak dapat disangkal, sehingga menarik banyak wisatawan dan penduduk lokal setiap tahunnya. Jika tidak memiliki pengalaman maka untuk menuju Madain Saleh maka turis dapat memanfaatkan jasa travel setempat. Namun jika hendak berkendara secara pribadi maka rute dibawah ini bisa menjadi pilihan. 

Baca Juga

Melalui Jalur Udara

Mereka biasanya akan menawarkan berbagai program wisata yang dapat dipikih sesuai dengan keinginan wisatawan. Dilansir di Tourist Saudi, jika waktu sangat terbatas, terbang dari Jeddah ke Al Ula adalah opsi tercepat. Durasi penerbangan cepat 1 jam 20 menit, namun kenyamanan ini memiliki biaya yang lebih tinggi, berkisar antara 195 dollar AS hingga 477 dollar AS. 

Saudi menawarkan penerbangan langsung dari Bandara Jeddah ke Al Ula, memberikan kenyamanan dan kecepatan untuk perjalanan wisatawan.

Menggunakan Bus

Perjalanan dengan bus bisa menjadi pilihan yang menarik bagi mereka yang memiliki pertimbangan anggaran, namun bersiaplah untuk perjalanan jauh sekitar 8-10 jam perjalanan. Kombinasi perjalanan bus ke Bandara King Abdulaziz dan kemudian penerbangan ke Al Ula adalah cara lain untuk melakukannya. Ini akan dikenakan biaya 190 dollar AS hingga 480 dollar AS dan perjalanan memakan waktu sekitar 3 jam 27 menit, menjadikannya pilihan yang masuk akal dan seimbang.

Berkendara dengan Mobil

Bagi mereka yang menikmati kebebasan dan fleksibilitas perjalanan darat, berkendara dari Jeddah ke Al Ula adalah pilihan yang tepat. Namun perjalanan sejauh 677,4 km akan selesai dalam waktu sekitar 8 jam 42 menit, dengan biaya sekitar 35 dollar AS hingga 55 dollar AS. Ini adalah pilihan perjalanan paling terjangkau dan memungkinkan wisatawan berhenti dan menikmati pemandangan di sepanjang jalan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement