Selasa 26 Sep 2023 17:56 WIB

Rasakan Keajaiban Situs Warisan Dunia Pertama di Arab Saudi

Situs Arkeologi Hegra adalah salah satu dari tujuh situs dalam Daftar Warisan Dunia.

Kota Tua AlUla di Arab Saudi terpilih sebagai tujuan global dalam daftar 32 desa wisata terbaik Organisasi Pariwisata Dunia PBB (UNWTO) pada 2022.
Foto: SPA
Kota Tua AlUla di Arab Saudi terpilih sebagai tujuan global dalam daftar 32 desa wisata terbaik Organisasi Pariwisata Dunia PBB (UNWTO) pada 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kerajaan Arab Saudi adalah bintang yang sedang naik daun di dunia warisan budaya, menarik minat para pelancong pemberani dari seluruh dunia yang mencari petualangan baru.

Jika memimpikan pemandangan gurun yang masih asli, oasis yang subur, dan bangunan yang terbuat dari batu, maka Arab Saudi memiliki semuanya, termasuk serangkaian Situs Warisan Dunia UNESCO yang baru-baru ini diakui dan tersebar di seluruh wilayah Kerajaan, seperti tertulis dalam keterangan pers UNESCO yang diterima di Jakarta, Selasa (26/9/2023).

Baca Juga

Salah satu permata mahkota dari keajaiban arkeologi Arab Saudi adalah Situs Arkeologi Hegra, juga dikenal sebagai al-Hijr atau Mada'in Saleh, dan merupakan situs pertama di Kerajaan yang dimasukkan dalam daftar Warisan Dunia UNESCO pada 2008.

Situs Arkeologi Hegra adalah salah satu dari tujuh situs dalam Daftar Warisan Dunia UNESCO di seluruh Kerajaan, yang juga mencakup Distrik At-Turaif di ad-Dir'iyah, Historic Jeddah, Rock Art di Hail Region, Oasis Al-Ahsa dan Kawasan Budaya Hima, dan kawasan konservasi Uruq Bani Ma'arid yang baru diresmikan. Hal itu tertulis pada sesi ke-45 Komite Warisan Dunia UNESCO yang diadakan selama dua minggu terakhir di ibu kota negara yang dinamis, Riyadh dan Kerajaan Arab Saudi menjadi tuan rumah sekaligus ketuanya.

Sementara Riyadh dan kota-kota besar lainnya menjadi semakin populer sebagai tujuan kota kosmopolitan dan kota global untuk menyelenggarakan acara-acara besar dunia, Situs Warisan Budaya dan alam yang terpelihara dengan baik di negara itu semakin menarik banyak wisatawan dari seluruh dunia.

Dibangun antara abad pertama Sebelum Masehi dan abad pertama Masehi, kota kuno Hegra memiliki pekuburan dengan makam yang diukir pada batu pasir yang memiliki lanskap menghadap gurun luas di barat laut Arab Saudi.

Situs Arkeologi Hegra adalah ibu kota selatan peradaban Nabataean, terkenal dengan ibu kotanya, Petra di Yordania, di mana Hegra memiliki banyak kesamaan dan fitur desain. Hegra memiliki 111 makam yang terpelihara dengan baik dengan fasad mengesankan yang berusia dari lebih dari 2 milenium dan ukiran batu prasejarah dari periode pra-Nabatean.

Hegra adalah kota yang dinamis...

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement