Jumat 29 Sep 2023 16:41 WIB

Otoritas Saudi Luncurkan Kamus Leksikon Bahasa Arab Kontemporer

Bahasa Arab mengandung bahasa yang indah.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Muhammad Hafil
Mata pelajaran Bahasa Arab. (ilustrasi)
Foto: www.alarabiya.net
Mata pelajaran Bahasa Arab. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,RIYADH -- Akademi Global Raja Salman untuk Bahasa Arab meluncurkan kamus terkaya dalam kata-kata kontemporer, yang dinamai 'Riyadh Lexicon'. Peluncuran ini dihadiri oleh beberapa pejabat kementerian Saudi.

Menteri Kebudayaan Pangeran Badr bin Abdullah bin Farhan dan Ketua Dewan Pembina akademi menyaksikan upacara peluncuran tersebut dengan dihadiri para ahli bahasa dan perwakilan mitra strategis, sebagaimana dilansir Riyadh Daily, Kamis (28/9/2023).

Baca Juga

Penjabat Sekretaris Jenderal Akademi Global Raja Salman untuk Bahasa Arab Dr. Abdullah bin Saleh Al-Washmi memuji upaya kepemimpinan Kerajaan Arab Saudi dalam mendukung dan mempromosikan bahasa Arab di seluruh dunia.

Riyadh Lexicon memberikan penjelasan linguistik tentang kosakata kontemporer modern menggunakan teknologi komputer untuk penyimpanan, ketepatan, dan alat pencarian yang lebih baik. Itu juga diunggah dalam Aplikasi untuk digunakan di ponsel.

Peluncuran Lexicon Riyadh ini untuk menekankan kembali dukungan strategis Kerajaan Arab Saudi terhadap semua masalah yang berkaitan dengan bahasa Arab.

Bahasa Arab adalah bahasa yang memiliki keistimewaan tersendiri. Menurut pendapat Ibnu Jinni, salah satu keistimewaan bahasa Arab adalah kelengkapannya. Bahasa Arab tergolong otentik. Punya keragaman metafora dan keragaman bentuk penyampaian.

Di dalam bahasa Arab juga terdapat sinonim yang beragam. Dia membandingkan bahasa primitif yang tidak ada sinonim. Sinonim sendiri merujuk pada benda atau tanda yang menyimpan sejumlah nama. Dalam bahasa Arab, sebagaimana dilansir laman Masrawy, terdapat kata khamr, dan kata khamr ini punya 90 sinonim.

Keunikan lain yang dimiliki bahasa Arab, kata Syekh Jum'ah, ialah bahasa Arab punya sifat gabungan. Maksudnya, dari satu kata bahasa Arab itu punya ragam makna. Contohnya adalah 'aynun', di mana kata ini sebetulnya punya ragam makna. Di antaranya ialah mata, mata-mata, jiwa dan makna lainnya.

Bahasa Arab mengandung bahasa yang indah, sesuai kaidah tata bahasa dan retorika yang penuh arti dan makna. Tak hanya itu, kaidah dan makna kosa kata dalam bahasa Arab juga memiliki multi-makna dan kaya hikmah.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement