Selasa 03 Oct 2023 14:37 WIB

Inilah Tips Umroh Mandiri dengan Membawa Balita

Umroh dengan balita banyak aspek yang harus disiaplkan

Rep: Mabruroh/ Red: Muhammad Subarkah
Suami seorang jamaah umroh Singapura menggendong bayinya yang baru dilahir
Foto:

Hal-hal yang harus Dipersiapkan

Pertama, Tiket

Untuk mendapat tiket pesawat murah, rajinlah hunting tiket beberapa bulan atau setahun sebelum rencana keberangkatan. Kalau perlu, download aplikasi booking tiket (skyscanner, expedia, kiwi, kayak, dll) atau aplikasi maskapai (saudia, Etihad, Turkish airlines) lalu bikin notifikasi jika harga turun.

Kedua, perlengkapan

Salah satu keuntungan umroh mandiri adalah memangkas biaya perlengkapan. Misalnya tidak perlu membeli koper karena sudah punya, atau tidak perlu membeli syal dan seragam.

"Untuk umroh, kami hanya membeli barang-barang penting seperti kain ihram+ikat pinggang (suami), gamis putih (saya dan Nausheen), sandal karet ringan, beberapa buku tentang umroh, baju kaos dalam yang ada resletingnya, mukena, dan  jilbab Nausheen. Kami membelinya melalui toko online saja," tulis Novia.

Tiga, visa umroh

Untuk persyaratannya, mungkin bisa berubah setiap tahun tapi di antaranya paspor, buku vaksin, tiket pesawat PP, bookingan hotel, itinerary selama umroh, dokumen pendukung (surat pernyataan dari tempat bekerja, bukti rekening Koran 3-5 bulan terakhir).

Empat, Hotel

Untuk menghemat budget bisa memilih hotel yang lebih murah tetapi harus siap-siap dengan perjalanan yang jauh meskipun beberapa hotel ada yang menyediakan shuttle bus (pastikan benar beroperasi). Tetapi karena membawa balita, ia memilih hotel yang dekat dengan masjid, baik saat di Madinah maupun di Makkah.

Lima, transportasi,

Untuk transportasi antar kota bisa menggunakan bus, kereta dan taksi. Dari Jeddah ke Madinah ia mencoba naik saptco vip bus. Untuk anak, tetap harus membeli tiket tapi dikenakan separo harga. Selanjutnya dari Madinah ke Mekkah bisa menggunakan Haramain Express

“Bagi anda yang membawa balita, moda transportasi ini recommended banget karena memangkas waktu perjalanan dan sangat nyaman. Dari Mekkah ke King Abdul Aziz Airport di Jeddah, kami menggunakan taksi Uber. Untuk transportasi dalam kota, kami menggunakan uber atau taksi yang ngetem aja,” jelasnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement