Senin 30 Oct 2023 21:00 WIB

Peziarah Sudan Melahirkan di Area Masjidil Haram Makkah, Begini Respons Petugas

Arab Saudi beri layanan terbaik untuk jamaah di Masjidil Haram

Rep: Mabruroh/ Red: Nashih Nashrullah
Ara Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi, Selasa (18/7/2023). Arab Saudi beri layanan terbaik untuk jamaah di Masjidil Haram
Foto: Republika/Fuji Eka Permana
Ara Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi, Selasa (18/7/2023). Arab Saudi beri layanan terbaik untuk jamaah di Masjidil Haram

REPUBLIKA.CO.ID, MAKKAH — Seorang peziarah asal Sudan tiba-tiba melahirkan di area Masjidil Haram. Tim ambulans Bulan Sabit Merah Arab Saudi di wilayah Makkah segera membantu peziarah tersebut kemudian memindahkannya ke rumah sakit. 

Direktur Bulan Sabit Merah cabang Makkah, Dr Mustafa Baljoun mengatakan, ruang komando dan kendali di otoritas tersebut menerima laporan pada Senin pukul 12.05 waktu Arab Saudi. 

Baca Juga

Laporan tersebut menyatakan bahwa seorang wanita menderita sakit perut di halaman barat Masjidil Haram di sebelah Hotel Al-Tauhid. 

Setibanya tim medis, mereka menemukan bahwa wanita tersebut sedang bersalin karena mengalami kontraksi dan hendak melahirkan. 

 

Menurut laporan, air ketuban wanita itu sudah pecah dan kepala bayinya sudah keluar. Dia mengatakan, tim ambulans segera membantunya sesuai dengan protokol dalam kasus tersebut. 

Baca juga: Alquran Bolehkan Nepotisme dari Kisah Nabi Musa Tunjuk Nabi Harun Asisten? Ini Kata Pakar

“Ibu itu berhasil melahirkan bayinya dan bayinya yang baru lahir segera dipindahkan ke Rumah Sakit Umum Ajyad dan dipastikan keduanya dalam keadaan sehat,” kata Dr Baljoun dilansir dari Saudi Gazette, Senin (40/10/2023). 

Dr Baljoun menekankan pentingnya meminta layanan ambulans ketika terjadi keadaan darurat, dengan menelepon 997. 

Selain itu, masyarakat juga dapat meminta layanan darurat melalui aplikasi "Asefni" “ أسعفني ”, atau melalui panggilan darurat di aplikasi Tawakkalna, yang menyediakan layanan ambulans. Beberapa fitur juga menentukan lokasi penelepon dengan akurasi tinggi. “Hal ini akan memudahkan proses tim ambulans mencapai lokasi laporan,” kata dia.

Sumber: saudigazette   

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement