Rabu 01 Nov 2023 16:30 WIB

Calon Jamaah Haji 2024 Diimbau Jaga Kesehatan, Makanan, dan Berolahraga

Pemeriksaan kesehatan tahap awal akan dilakukan mulai November.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Jamaah Haji Indonesia menerima sajian air zam zam.
Foto: Republika
Jamaah Haji Indonesia menerima sajian air zam zam.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kementerian Agama (Dirjen PHU Kemenag), Hilman Latief menjelaskan bahwa Kemenag sudah menyusun data calon jamaah haji 2024 dan segera menyampaikan ke Kanwil Kemenag Provinsi. Calon jamaah haji juga sudah bisa melihat perkiraan keberangkatannya melalui Siskohat. 

"Jika (calon jamaah haji) termasuk yang akan berangkat pada 2024, jamaah diimbau untuk mulai menjaga kesehatan. Jaga kesehatan dari aspek mendasar, mulai dari menjaga makanan dan olah raga," kata Hilman kepada Republika di Jakarta, Rabu (1/11/2023)

Baca Juga

Hilman mengatakan akan segera sampaikan ke publik, di mana saja dan berapa biaya yang dikeluarkan calon jamaah haji saat pemeriksaan kesehatan. Jadi akan sampaikan ke publik bahwa pemeriksaan sudah bisa dilakukan.

Hilman menjelaskan, jamaah yang dalam proses pemeriksaan kesehatan mendapat penilaian tidak memenuhi syarat istithaah pada tahun ini, bisa mengundurkan keberangkatannya pada tahun depan. Sebab, kondisi kesehatan calon jamaah haji tiap tahun berbeda-beda. 

 

"Jika saat pemeriksaan kesehatan pada tahun ini sakit, tidak harus dipaksakan. Bisa berangkat tahun berikutnya," ujar Hilman.

Kemenag menjelaskan, jika Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dalam proses pemeriksaan kesehatan menentukan seorang jamaah tidak memungkinkan berangkat lagi, misalnya karena ada komorbid yang berat. Maka ada skema pelimpahan porsi. 

"Ketentuan mengatur pelimpahan bisa diberikan kepada ahli waris yang ada pertalian darah," jelas Hilman.

Staf Khusus Menteri Agama Bidang...

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement