Jumat 01 Dec 2023 11:09 WIB

15 Perusahaan Indonesia Dominasi Daftar Perusahaan Halal Teratas OKI

Biofarma Indonesia menduduki peringkat teratas.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Seorang pekerja medis menyiapkan suntikan vaksin Sinovac COVID-19 yang diproduksi oleh perusahaan farmasi milik negara Indonesia Biofarma, selama vaksinasi massal di Depok di pinggiran Jakarta, Indonesia, Jumat, 25 Juni 2021.
Foto:

Asia Tenggara Dominasi Farmasi Halal

Industri farmasi adalah arena yang sarat akan pengetahuan dan kepatuhan halal memerlukan komitmen jangka panjang dan kemampuan teknis. Vaksin halal dan biofarmasi telah memperoleh momentum sejak pandemi Covid-19, dan para pelaku industri berupaya untuk mempertahankan momentum tersebut.

Meskipun jumlah perusahaan farmasi dalam kategori ini masih terbatas, kami telah mengamati beberapa perusahaan farmasi terkemuka dengan kepatuhan dan kemampuan halal yang kuat.

Biofarma, produsen vaksin terbesar di Asia Tenggara dan pusat keunggulan vaksin halal OKI, memimpin peringkat tersebut. Duopharma, salah satu perusahaan farmasi halal terkemuka di Malaysia, menempati peringkat berikutnya dalam upayanya mendorong inovasi halal dan menyebarkan kesadaran akan obat-obatan halal.

BACA JUGA: Cuaca Hari Ini Hujan, Bolehkah tidak Sholat Jumat karena Hujan Lebat?

Kosmetik Halal: Merek Lokal Sudah Jadi Terdepan

Merek-merek kosmetik asli OKI sedang berkembang, dengan nama-nama terkemuka seperti Paragon, BeautyHaul, Victoria Care, dan Conatural Beauty yang mulai menjadi mainstream.

Beberapa pemain memperluas penawaran produk halalnya ke segmen yang lebih luas, seperti Paragon dengan meluncurkan Kahf, merek perawatan diri dan kosmetik halal untuk pria.

Selain merek-merek kosmetik korporat ternama yang memiliki sejarah panjang, terdapat juga tren merek-merek lokal baru yang meraih kesuksesan signifikan baru-baru ini, seperti Somethinc dari Beauty Haul, sebuah startup kecantikan halal Indonesia yang didukung oleh Sequoia Capital.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement