Ahad 03 Dec 2023 15:53 WIB

Cuaca Arab Saudi: Badai Petir Diprediksi Landa Sejumlah Wilayah Hingga Senin

Hujan ringan hingga sedang dan angin aktif diperkirakan terjadi di wilayah Makkah.

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Ani Nursalikah
Talang air Kabah saat hujan mengguyur di Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi.
Foto: SPA
Talang air Kabah saat hujan mengguyur di Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi.

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH -- Direktorat Jenderal Pertahanan Sipil mengimbau semua pihak untuk berhati-hati mengingat masih adanya kemungkinan badai petir di sebagian besar wilayah Arab Saudi, mulai Sabtu hingga Senin depan.

Dilansir di Saudi Gazette,  Sabtu (2/2/2023) Pertahanan Sipil menekankan perlunya tinggal di tempat yang aman selama hujan dan menjauh dari rawa-rawa, lembah dan daerah di mana arus deras berkumpul, dan mendesak semua orang untuk tidak berenang di dalamnya. Setiap orang juga harus mengikuti dan mematuhi instruksi yang diumumkan melalui berbagai jaringan media sosial.

Baca Juga

Hal ini menunjukkan bahwa hujan ringan hingga sedang dan angin aktif ke bawah yang menyebabkan debu diperkirakan terjadi di wilayah Makkah, termasuk Ibu Kota Suci, Al-Jumum, Bahrah, Taif, Adham, Al-Ardiyat, Maysaan, Al-Kamil, Al-Lith, dan Al-Qunfudhah. Ini juga mencakup wilayah Madinah, yang terdiri dari Yanbu dan Badr, serta wilayah Al-Baha, Hail, Tabuk, Al-Jouf, dan Perbatasan Utara.

Pertahanan Sipil juga mengirimkan pesan teks yang menyatakan bahwa prakiraan dari Pusat Meteorologi Nasional (NCM) menunjukkan bahwa wilayah Makkah, yang meliputi Jeddah, Khulais, Turabah, Al Muwayh, Rabigh, dan Al-Khurma, akan mengalami hujan ringan hingga sedang. pada Ahad (3/12/2023).

 

Sebelumnya sejak pertengahan  November, Pusat Meteorologi Nasional (NCM)  telah memperpanjang peringatan merah untuk hujan lebat di Jeddah dan empat provinsi lainnya di wilayah Makkah. NCM sebelumnya mengumumkan peringatan merah sehubungan dengan kemungkinan hujan lebat.

Berdasarkan peringatan yang diperpanjang, hujan lebat, angin berkecepatan tinggi, kurangnya jarak pandang horizontal, hujan es, arus deras, gelombang tinggi, dan petir akan terjadi di kota Makkah, dan di provinsi Jeddah, Khulais, Rabigh, Al-Jumum, dan Bahra.

NCM mengatakan bahwa badai petir sedang hingga lebat, yang menyebabkan hujan lebat, dan disertai hujan es serta badai debu aktif akan terus terjadi di beberapa bagian wilayah Jazan, Asir, Al-Baha, Makkah, Madinah, Hail, Al-Jouf, wilayah perbatasan utara, Al-Qassim, Riyadh dan Provinsi Timur. Kabut juga diperkirakan akan melanda beberapa wilayah di wilayah tersebut.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement