Senin 04 Dec 2023 04:51 WIB

Jaringan Santri Gelar Doa Syukur Akhir Tahun 2023

Tantangan umat ke depan sangat beragam.

Doa bersama akhir tahun yang diselenggarakan oleh JSI di Banten.
Foto: Dok Republika
Doa bersama akhir tahun yang diselenggarakan oleh JSI di Banten.

REPUBLIKA.CO.ID, SERANG --Ribuan jamaah Jaringan Santri Indonesia (JSI) Provinsi Banten hadir dalam kegiatan Do'a Syukur & Dzikir Akhir Tahun 2023 yang dilaksanakan di lapangan Merdeka Putra - Pulo Ampel, Serang, Banten, Ahad (3/12/2023). 

Pendiri sekaligus ketua dewan penasihat JSI Prof. Dr. H. Marzuki Alie, S.E., M.M mengatakan, kegiatan doa syukur bagian dari khidmat JSI dalam rangka menjaga silaturahmi antara santri, ulama dan masyarakat agar ke depan Indonesia tetap utuh di tahun politik yang penuh dengan tantangan.

Baca Juga

"Saya berdiri di sini mewakili Ketua Dewan Pembina JSI yaitu Prabowo Subianto karena ada agenda kampanye yang telah didaftarkan di KPU. Saya mewakili atas nama beliau untuk menyampaikan beberapa pesan terkait urusan berbangsa dan bernegara," kata Marzuki Alie dalam sambutannya, Ahad (3/12/2023) 

Marzuki Alie menyampaikan pesan Prabowo kepada umat Islam agar tidak mudah terpecah akibat sebaran hoaks, fitnah dan ujaran kebencian yang sudah masuk dalam keseharian masyarakat. Sehingga, ia menilai Pilpres 2024 sudah seharusnya dimaknai sebagai proses politik biasa, sehingga masyarakat dihimbau untuk tetap bersatu.

Sebab, kata Marzuki, tantangan umat Islam ke depan sangat beragam termasuk di masa kampanye seperti ini demokrasi dan kesatuan sebagai bangsa akan diuji.

"Hanya mengingatkan, dalam kontestasi (Pilpes 2024) ini jangan menimbulkan kegaduhan, jangan menimbulkan kerusuhan jangan menimbulkan permusuhan karena kita semua adalah bersaudara satu sama lain, satu nusa satu bangsa," ujarnya.

"Apalagi kita di antara umat Islam itu yang disampaikan pesan oleh beliau (Prabowo) kenapa kita harus bersatu? Sebab musuh besar umat Islam ini banyak. Kalau umat Islam ini terpecah gara-gara kontestasi, merugikan kita sendiri itu pesannya," ungkap Marzuki.

Selain itu, Marzuki juga berpesan akan tidak mudah terpancing dengan masifnya hoax atau berapa bohong, fitnah, caci maki di media sosial.

Lanjut Marzuki, saat ini sudah masuk ke tahun politik dimana semua tim pasangan calon berkampanye di berbagai platform media. Tidak sedikit informasi yang beredar itu diproduksi oleh oknum untuk menyerang pihak lawan. 

"Banyak grup-grup WhatsApp yang kalau saya ikuti kadang-kadang saya sangat prihatin sekali karena apa muncul berbagai fitnah muncul berbagai berita hoax dan sebagainya dan yang paling menyedihkan kita percaya dengan berita-berita itu," katanya.

Marzuki menyarankan kepada masyarakat jika menemukan hal-hal negatif dalam beberapa bulan ke depan sebaiknya dibiarkan saja dan tidak perlu disebarkan ulang. 

"Sebaiknya kalau berita-berita itu muncul tidak usah kita baca, kita hapus saja karena kita ini bersaudara kontestasi ini bagian daripada kesepakatan kita untuk menjadi negara demokrasi," katanya.

Diketahui, selain Do'a dan Dzikir, kegiatan bertajuk JSI Berkhidmat untuk Indonesia Maju "Bersyukur Atas Keberkahan dan Do'a untuk Masa Depan Bangsa yang Lebih Baik" pihak JSI juga memberikan bantuan untuk syiar dakwah Islam bagi ulama pimpinan pondok pesantren. Juga voucher umroh untuk 11 orang jamaah. 

Hadir dalam kegiatan tersebut, Prof. Dr. H. Marzuki Alie, S.E., M.M sebagai Ketua Dewan Pendiri & Penasehat JSI, Ust. H. Syofwatillah Mohzaib sebagai Ketua Umum JSI, tokoh masyarakat, ulama, santri dan pimpinan pondok pesantren di wilayah Banten.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement