Rabu 20 Dec 2023 19:35 WIB

Arab Saudi Luncurkan Platform Visa Terpadu Visa KSA

Arab Saudi berupaya meningkatkan volume pengeluaran pariwisata.

Rep: Mabruroh/ Red: Muhammad Hafil
Ilustrasi visa
Foto: Freepik
Ilustrasi visa

REPUBLIKA.CO.ID,RIYADH — Arab Saudi mengumumkan pada hari Selasa (19/12/2023), peluncuran platform visa terpadu yang disebut 'Visa KSA' untuk memfasilitasi prosedur aplikasi visa. Ini adalah bagian dari upaya pemerintah untuk menarik lebih banyak wisatawan selama beberapa tahun mendatang.

Berbicara di Forum Pemerintahan Digital (DGF) di Riyadh, Asisten Menteri Urusan Eksekutif di Kementerian Luar Negeri, Abdulhadi Almansouri mengatakan bahwa platform ini terkait dengan lebih dari 30 lembaga, kementerian, dan sektor swasta, untuk memfasilitasi prosedur untuk mendapatkan berbagai jenis visa, termasuk visa haji atau visa kunjungan untuk tujuan Umrah atau pariwisata serta visa kerja.

Baca Juga

Dilansir dari Saudi Gazette, Rabu (20/12/2023). Platform GOV.SA akan berkontribusi untuk memberdayakan lebih dari 50 lembaga pemerintah dan sektor swasta melalui visa pemerintah dan akan mengotomatiskan prosedur penerbitan visa yang paling penting untuk meningkatkan pengalaman pengunjung.

GOV.SA adalah mesin pencari cerdas yang memungkinkan pengunjung mengetahui visa yang tersedia dengan cepat. Ini adalah referensi terpadu untuk memahami persyaratan untuk semua jenis visa dan cara mengajukannya. 

Platform ini juga mencakup file pribadi yang diperbarui untuk pengunjung yang memfasilitasi visa dan aplikasi ulang untuk mereka nanti. Langkah Saudi datang dalam kerangka usahanya untuk meningkatkan jumlah wisatawan, terutama setelah meluncurkan banyak tujuan wisata baru, dan meningkatkan target pariwisatanya menjadi 150 juta kunjungan per tahun pada tahun 2030.

Peluncuran platform Saudi yang baru, bertepatan dengan upaya Dewan Kerjasama Teluk (GCC) untuk meluncurkan visa turis Teluk terpadu, setelah keputusan dalam hal ini disetujui oleh Dewan Tertinggi negara-negara GCC pada KTT Doha yang diadakan pada November lalu. KTT telah memberi wewenang kepada menteri dalam negeri GCC untuk mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk menerapkan aturan visa baru ini.

Patut dicatat bahwa Arab Saudi telah mengeluarkan lebih dari 18,6 juta visa selama tahun 2023, dan mengurangi durasi penerbitan visa digital menjadi 60 detik. Kerajaan juga bekerja dengan 56 negara sehubungan dengan perjalanan digitalisasi visa.

Menurut target yang dibayangkan dalam anggaran umum tahun 2024, Arab Saudi berupaya meningkatkan volume pengeluaran pariwisata menjadi SR289 miliar, serta mencapai 88 juta pengunjung, dan lebih banyak pekerjaan di sektor pariwisata.

Perlu dicatat bahwa Forum Pemerintahan Digital akan menyaksikan pengumuman hasil pengukuran transformasi digital di tahun 2023. Gubernur Otoritas Pemerintah Digital Ahmed Alsuwaiyan mengatakan sebelumnya, bahwa sehubungan dengan Visi Kerajaan 2030, Arab Saudi bekerja untuk melanjutkan perjalanan transformasi digital, dengan memungkinkan semua lembaga pemerintah untuk meningkatkan efisiensi layanan digital yang berkontribusi untuk meningkatkan pengalaman penerima manfaat dan kualitas hidup, selain dari peningkatan daya saing."

Sumber:

https://saudigazette.com.sa/article/638836/SAUDI-ARABIA/Saudi-Arabia-launches-unified-visa-platform-KSA-Visa

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement