Senin 08 Jan 2024 18:08 WIB

Mau Jadi Petugas Haji Tingkat Pusat? Ini Jadwal Pendaftaran dan Syaratnya

Seleksi PPIH Arab Saudi akan dilakukan dengan Computer Assisted Test dan wawancara.

Rep: Muhyiddin/ Red: Ani Nursalikah
Suasana pembukaan seleksi peserta calon Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) 2024 di Aula Asrama Haji Sudiang, Makassar, Sulawesi Selatan.
Foto: ANTARA/HO-Dokumentasi Kemenag Sulsel
Suasana pembukaan seleksi peserta calon Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) 2024 di Aula Asrama Haji Sudiang, Makassar, Sulawesi Selatan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Agama (Kemenag) membuka kesempatan bagi seluruh rakyat Indonesia untuk menjadi petugas haji tingkat pusat. Pendaftaran seleksi Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi atau petugas haji untuk tingkat pusat ini akan dibuka pada 11-19 Januari 2024.

“Kami mengundang para pelamar yang memenuhi syarat, untuk ikut ambil bagian dalam seleksi PPIH Arab Saudi. Pendaftaran dibuka dari 11 sampai 19 Januari 2024 melalui SuperApps Pusaka Kementerian Agama,” ujar juru bicara Kementerian Agama Anna Hasbie dalam siaran pers yang diterima Republika.co.id, Senin (8/1/2024).

Baca Juga

Anna Hasbie saat ini berada di Jeddah, Arab Saudi untuk mendampingi kunjungan kerja Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. Dalam kunjungan ini, Menag Yaqut dijadwalkan menandatangani MoU terkait Penyelenggaraan Ibadah Haji 1445 H/2024 M dengan Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Taufiq F Al Rabiah.

Anna menjelaskan seleksi PPIH Arab Saudi akan dilakukan dengan Computer Assisted Test (CAT) dan Wawancara. Soal CAT terkait dengan wawasan kebangsaan, moderasi beragama, regulasi perhajian, manasik haji, serta tugas dan fungsi layanan. Sementara wawancara akan menggali tentang kemampuan baca tulis Alquran, pendalaman tugas dan fungsi petugas haji, problem solving, integritas, serta pemahaman keagamaan yang moderat dan kepemimpinan.

“Untuk CAT dan wawancara, akan dilaksanakan di Asrama Haji Pondok Gede pada 25 Januari 2024,” ucap Anna.

“Hasil seleksi akan diumumkan melalui akun masing-masing peserta pada 29 Januari 2024,” kata dia.

Direktur Bina Haji menjelaskan ada empat formasi...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement