Jumat 12 Jan 2024 20:44 WIB

229 Calhaj Rejang Lebong Jalani Pemeriksaan Kesehatan

Pemeriksaan kesehatan calhaj tersebut dilaksanakan di enam puskesmas.

Pelayanan pengurusan haji di Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT) Kemenag Kabupaten Rejang Lebong.
Foto: Kemenag Rejang Lebong
Pelayanan pengurusan haji di Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT) Kemenag Kabupaten Rejang Lebong.

REPUBLIKA.CO.ID, REJANG LEBONG -- Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu menyebutkan sebanyak 229 calon jamaah haji (Calhaj) asal daerah itu saat ini tengah menjalani pemeriksaan kesehatan.

Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Rejang Lebong M Adityawarman saat dihubungi mengatakan yang akan berangkat tahun 2024 nanti sebanyak 229 orang, terdiri atas 221 calhaj reguler dan delapan orang calhaj khusus dari kalangan lanjut usia atau lansia.

Baca Juga

"Sebelum melakukan pelunasan biaya haji, mereka ini terlebih dahulu melakukan istitha'ah kesehatan, atau pemeriksaan kesehatan yang dilakukan di tingkat puskesmas dan kemudian melakukan medical check up di rumah sakit," katanya, Jumat (12/1/2024).

Dia menjelaskan, pemeriksaan kesehatan calhaj tersebut dilaksanakan di enam puskesmas, antara lain Puskesmas Curup, Puskesmas Tunas Harapan Kecamatan Curup Utara, Puskesmas Curup Timur, Puskesmas Perumnas, Puskesmas Kecamatan Padang Ulak Tanding, dan Puskesmas Sambirejo Kecamatan Selupu Rejang.

Setelah melakukan pemeriksaan kesehatan di puskesmas dan rumah sakit dan dinyatakan sehat, calhaj akan langsung melakukan pelunasan biaya perjalanan ibadah haji (bipih) yang secara nasional sudah dimulai sejak 9 Januari sampai 12 Februari 2024 nanti.

Menurut dia, untuk besaran Bipih Bengkulu yang masuk dalam embarkasi Padang, Sumatera Barat sebesar Rp 51.739.357 dan setelah dikurangi dengan setoran awal sebesar Rp 25 juta, maka setiap calhaj akan melakukan pelunasan Bipih sebesar Rp 26.739.357.

"Sejauh ini belum ada yang melakukan pelunasan Bipih. Jika mereka sudah dinyatakan sehat maka hasil pemeriksaannya akan diupload ke siskohatkes Kemenkes," katanya.

Dia mengimbau kalangan JCH asal Kabupaten Rejang Lebong ini agar selalu menjaga kesehatan, kemudian jika dinyatakan sehat agar secepatnya melakukan pelunasan Bipih.

"Jika pelunasan dilakukan pada masa akhir pelunasan sering terjadi gagal sistem sehingga bisa tertunda dan harus menunggu pelunasan tahap kedua," kata Adityawarman.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement