Senin 15 Jan 2024 16:40 WIB

Bolehkah Air Zamzam Dijadikan Wasilah untuk Menyembuhkan Penyakit?

Air yang paling baik di muka bumi adalah air zamzam.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Ani Nursalikah
Petugas memberikan air Zamzam kepada peserta ibadah haji asal embarkasi UPG 9 (Makassar) setibanya di hotel 304 di Syisyah, Mekah, Arab Saudi, Rabu (7/6/2023). Sebanyak 393 jamaah calon haji kloter terakhir gelombang pertama tiba di Mekah dari Madinah.
Foto:

Nabi Muhammad SAW bersabda, "Air yang paling baik di muka bumi adalah air zamzam. Air zamzam dapat menjadi makanan yang mengenyangkan dan obat yang menyembuhkan penyakit." (HR Ibnu Abbas).

Doa meminum air zamzam

Sedangkan bagi umat Muslim di mana pun berada, alangkah baiknya meminum air zamzam sambil menghaturkan doa. Berikut lafaznya, “Allahumma inni as-aluka ‘ilman na’fian, wa rizqan waasia’an, wa syifaan min kulli da-in wa saqomin."

Yang artinya, “Ya Allah ya Tuhan, aku memohon kepada Engkau (agar menghadirkan hamba) ilmu yang bermanfaat, dan rizki yang luas, serta kesehatan (kesembuhan) dari segala penyakit."

Doa ini dapat dibaca sebelum meneguk air zamzam. Semoga dengan rutin mengamalkan amalan ibadah wajib maupun sunah, Allah SWT dapat memudahkan setiap urusan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement