Ahad 21 Jan 2024 08:59 WIB

Bangladesh Catat Jumlah Pendaftaran Haji Terendah Tahun Ini  

Bangladesh turunkan biaya haji untuk penuhi kuota Arab Saudi

Rep: Mabruroh/ Red: Nashih Nashrullah
Jamaah haji Bangladesh berpose untuk selfie di depan Kabah ilustrasi).Bangladesh turunkan biaya haji untuk penuhi kuota Arab Saudi
Foto: AP/Amr Nabil
Jamaah haji Bangladesh berpose untuk selfie di depan Kabah ilustrasi).Bangladesh turunkan biaya haji untuk penuhi kuota Arab Saudi

REPUBLIKA.CO.ID,  DHAKA — Bangladesh menghadapi jumlah pendaftaran haji terendah pada 2024 ini. Meskipun ada upaya pemerintah untuk mengurangi harga paket, tetapi kebanyakan orang tidak mampu melakukan perjalanan tahun ini. 

Dilansir dari Arab News, Ahad (21/1/2024), hanya 47.773 calon peziarah yang mendaftar haji, padahal kuota yang disediakan kerajaan untuk Bangladesh sebesar 127 ribu untuk musim Haji 2024.  Tahun ini, haji diperkirakan akan dimulai pada 14 Juni dan berakhir pada 19 Juni. 

Baca Juga

Pendaftaran haji di Bangladesh berakhir pada 18 Januari, setelah tenggat waktu pertama diperpanjang dua kali menyusul respons yang buruk dari calon peziarah. 

“Kami mencoba memberi tahu semua orang tentang batas waktu pendaftaran haji. Kami menyebarkan informasi melalui televisi, surat kabar, SMS, dan lain-lain,” kata Sekretaris tambahan di Kementerian Agama, Mohammed Matiul Islam kepada Arab News

“Kuota haji kami juga tidak terpenuhi di tahun sebelumnya. Tapi situasinya tidak seperti tahun ini. Kali ini, jumlah orang yang terdaftar sangat sedikit,” tambahnya.

Dia mengatakan pemerintah belum memutuskan apa yang akan dilakukannya tentang slot yang tersisa.

Salah satu negara mayoritas Muslim terpadat, Bangladesh berjuang untuk memenuhi kuota haji yang diberikan oleh Arab Saudi pada  2023 di tengah meroketnya harga perjalanan.

Beberapa ribu calon peziarah tidak bisa pergi untuk melakukan perjalanan spiritual yang merupakan salah satu dari lima pilar Islam.

Untuk mencegah skenario yang sama selama musim ziarah 2024, pemerintah Bangladesh mengurangi biaya paket haji sebesar 1.000 dolar AS.

Tarif minimum pemerintah untuk haji dari Bangladesh tahun ini adalah 5.034 dolar AS. Ini merupakan penurunan yang signifikan dibandingkan dengan minimum 6.000 dolar AS pada 2023.

Sementara operator tur Haji tahun lalu menunjukkan masalah utama sebagai inflasi tinggi dan tiket pesawat ke Timur Tengah, saat ini ada lebih banyak faktor yang berperan, termasuk kekhawatiran atas stabilitas politik karena pemilihan umum Bangladesh baru-baru ini diboikot oleh oposisi dan berubah menjadi salah satu jajak pendapat paling kontroversial di negara itu.

"Ini adalah tahun pemilihan, dan mengingat situasi politik, saya pikir banyak orang memilih untuk menunggu. Kedua, sejumlah besar orang dari Bangladesh sekarang melakukan Umrah,” kata Shahadat Hossain Taslim, presiden Asosiasi Agen Haji Bangladesh.

Baca juga: Golongan yang Gemar Membaca Alquran, Tetapi Justru tidak Mendapat Syafaatnya

"Sebelumnya, orang-orang biasa melakukan Umrah (selama) tiga bulan, tetapi sekarang sudah 10 bulan dalam setahun dan semua penerbangan dari Bangladesh ke Kerajaan penuh dengan penumpang Umrah.

Inflasi yang terus-menerus tetap menjadi alasan utama juga, karena meskipun harga paket telah dikurangi, perbedaannya tidak terasa karena devaluasi taka Bangladesh terhadap dolar AS.

“Tampaknya masih sangat tinggi bagi para peziarah karena taka telah didevaluasi dengan parah pada tahun lalu. Kami mengurangi jumlah maksimum yang mungkin untuk meringankan beban para peziarah,” kata Taslim.

"Saya pikir karena resesi global yang sedang berlangsung, kuota haji tidak akan tercapai oleh banyak negara tahun ini,” kata Taslim.

Sumber: arabnews 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement