Selasa 23 Jan 2024 22:19 WIB

Menteri Haji Berjanji Mendukung Solusi Inovatif dalam Memberikan Layanan Terbaik

Inisiatif ini bertujuan untuk memfasilitasi penyediaan layanan bimbingan haji.

Rep: Mabruroh/ Red: Muhammad Hafil
Jamaah haji dari berbagai negara yang sedang melaksanakan sa
Foto: Republika/Fuji Eka Permana
Jamaah haji dari berbagai negara yang sedang melaksanakan sa

RIYADH — Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Dr Tawfiq Al-Rabiah menegaskan kembali komitmen kementeriannya untuk mendukung solusi teknologi dan sistem administrasi profesional, yang memberikan layanan terbaik bagi para peziarah haji. Pernyataan itu disampaikannya pada Konferensi dan Pameran Haji dan Umrah di Jeddah.

Pada kesempatan itu, Al-Rabiah menyoroti upaya kementerian untuk meningkatkan jumlah inisiatif yang tersedia bagi pengusaha. Inisiatif ini bertujuan untuk memfasilitasi penyediaan layanan bimbingan dengan memastikan kehadiran sahabat yang mahir dalam berbagai bahasa untuk membantu para peziarah.

Baca Juga

“Selama 2023, Kerajaan menampung 13.550.000 peziarah Umrah yang datang dari luar Kerajaan untuk pertama kalinya dalam sejarah, meningkat lima juta dan tingkat melebihi 58 persen selama tahun 2019. Ini dianggap sebagai pertumbuhan tinggi yang membuat kami berusaha untuk memberikan layanan yang lebih baik kepada para tamu Tuhan,” kata Al-Rabiah, dilansir dari Saudi Gazette.

Al-Rabiah menekankan bahwa salah satu program Visi yang penting adalah program 'Doyof Al Rahman', yang merupakan salah satu pilar dasar dari tujuan program Visi dengan memperkaya pengalaman, termasuk peran pengusaha dalam memberikan layanan yang terhormat dan luar biasa kepada tamu Allah.

Kementerian Haji dan Umrah berusaha untuk memberikan layanan terbaik, seperti melalui aplikasi Nusuk. Melalui aplikasi resmi milik kerajaan ini, diharapkan mampu mendukung dan melayani para peziarah, salah satunya dengan mendaftar melalui aplikasi tersebut, peziarah dapat mendaftar untuk memasuki Raudloh.

“Kementerian juga meluncurkan platform Nusuk Business, yang menyediakan layanan konsultasi dan program dukungan untuk inovator, startup, usaha kecil dan menengah, institusi besar, dan penyedia layanan aplikasi (ATP), pengembang, serta sektor nirlaba. Jika ide tersedia dan pengusaha kekurangan data, platform Nusuk Business menyediakan database yang memungkinkan mereka mengajukan permintaan data spesifik dari platform untuk mengembangkan platform mereka sendiri,” tambah menteri.

Berpartisipasi dalam sesi ”Kewirausahaan dan usaha kecil dan menengah dalam melayani tamu Allah", Asisten Wakil Menteri Haji untuk Perencanaan dan Transformasi Digital Eng Abdulaziz Al-Muthami menyatakan, kerajaan memiliki pengalaman yang berbeda dengan usaha kecil dan menengah dalam beradaptasi dengan perubahan dan telah membuktikan nilainya selama periode virus corona. Dia juga merujuk pada tantangan internasional yang diluncurkan oleh "Monsha'at" bekerja sama dengan negara-negara besar seperti Pakistan dan Indonesia. Ini merupakan tantangan kecerdasan buatan yang telah menciptakan layanan untuk membantu peziarah haji dan umrah, dan itu bekerja sama dengan Kementerian Haji dan Umrah. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement