Ahad 28 Jan 2024 12:30 WIB

Dewan Haji Ghana tidak Naikan Biaya Haji, Meski Biaya di Saudi Naik

Biaya beberapa komponen layanan haji telah naik..

Rep: Fuji E Permana/ Red: Muhammad Hafil
Haji (ilustrasi)
Foto: Dok Republika
Haji (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,ACCRA -- Dewan Haji Ghana telah mengumumkan bahwa calon jamaah haji Ghana untuk ke Makkah tahun ini akan membayar jumlah uang yang sama seperti tahun lalu. Yaitu 75.000 Cedi Ghana (6.250 Dolar AS) atau setara dengan Rp 95.542.655 (jika di rupiahkan).

Ketua Dewan Haji Ghana, Ben Abdallah Banda mengumumkan pada konferensi pers di kota Accra pada Rabu lalu. Dia menyatakan bahwa meskipun terjadi peningkatan biaya layanan haji di Arab Saudi tahun ini, Dewan Haji Ghana, setelah mempertimbangkan dengan cermat, telah memutuskan untuk tidak menaikkan biaya tersebut. Keputusan ini juga sebagian disebabkan oleh stabilitas relatif mata uang Cedi Ghana terhadap Dolar AS.

Baca Juga

"Dengan ini kami secara resmi mengumumkan bahwa dengan mempertimbangkan berbagai faktor, biaya haji tahun ini, terlepas dari kenaikan biaya layanan di Kerajaan Arab Saudi, tetap sebesar 75.000 Cedi Ghana seperti tahun lalu. Namun, biaya yang setara dengan dolar telah dikurangi menjadi 6.250 Dolar AS,” kata Ben Abdallah, dilansir dari laman Graphic, Ahad (28/1/2024).

Tahun lalu, biaya haji di Ghana dalam Dolar AS adalah 6.500 Dolar AS, yang berarti jamaah haji tahun ini mendapat keringanan sebesar 250 Dolar AS.

Ben Abdallah mencatat bahwa biaya beberapa layanan telah naik. Namun, ia menambahkan bahwa Dewan Haji Ghana telah melakukan negosiasi yang ketat untuk memastikan bahwa kenaikan biaya ini tidak akan ditanggung oleh para jamaah.

Merinci apa yang dimaksud dengan paket harga, Ben Abdallah menyebutkan bahwa hal itu mencakup perolehan visa, penerbangan dari Ghana ke Arab Saudi dan sebaliknya, transportasi internal (termasuk dari Madinah ke Makkah, Makkah ke Mashaa'ir, Mina, dan Arafat, dan Mashaa'ir ke Bandara Makkah dan Jeddah, akomodasi, dan makan di Madinah, Makkah, dan Mashaair selama satu bulan. Fasilitas lainnya adalah bagasi seberat 40 kilogram tanpa biaya tambahan, tas, pengurusan KTP, air Zamzam, perawatan medis, layanan keamanan, dan pemandu haji dari tim Dakwah untuk membantu kelancaran pelaksanaan ibadah haji.

Ketua juga mengungkapkan bahwa ibadah haji tahun ini diharapkan dapat memberikan pelayanan yang lebih baik, karena fasilitas di Mina dan tempat-tempat ibadah lainnya telah ditingkatkan.

Batas Waktu Pembayaran

Dewan Haji Ghana menekankan bahwa mengingat banyaknya kegiatan yang terlibat dalam proses haji, seperti "penunjukan paspor kepada pengurus, penerbitan visa, dan persiapan jadwal penerbangan pulang pergi" batas waktu pembayaran tarif haji adalah pertengahan Maret 2024.

“Peserta haji dengan ini didorong untuk memulai pembayaran mulai hari ini, melalui agen terakreditasi mereka yang tersebar di seluruh negeri atau langsung ke rekening Dewan Haji,” kata Ben Abdallah.

“Kita harus memperhatikan jadwalnya karena penerbitan visa yang dimulai pada 20 April 2024 akan berakhir pada 20 Mei 2024,” kata Ben Abdallah.

Sementara itu, penerbangan jamaah Ghana ke Arab Saudi dijadwalkan dimulai dari Tamale, untuk sementara pada 30 Mei 2024, dan di Accra pada 8 Juni 2024, sedangkan penerbangan pulang, juga untuk sementara, akan dimulai pada 28 Juni 2024.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement