Jumat 16 Feb 2024 21:55 WIB

Saudi Luncurkan Mediathon Tingkatkan Kualitas Liputan Haji dan Umroh

Ini bertujuan menumbuhkan ide dan solusi mengatasi tantangan di sektor media.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Bukit Safa di dalam Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi, Selasa (18/7/2023).
Foto: Republika/Fuji Eka Permana
Bukit Safa di dalam Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi, Selasa (18/7/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH -- Center for Government Communication (CGC) Kementerian Media Arab Saudi menjalin kerja sama dengan Pilgrim Experience Program (PEP) untuk meluncurkan MEDIATHON Haji dan Umroh. Ini bertujuan menumbuhkan ide, proyek, dan solusi inovatif untuk mengatasi tantangan dalam sektor media terkait liputan haji dan umroh.

MEDIATHON yang menampilkan tahapan mulai dari peluncuran hingga seleksi, hari maraton, kualifikasi, dan bridging, mengundang partisipasi melalui portal Mediathon.media.gov.sa. Tujuannya, seperti dilansir Saudi Gazette, Jumat (16/2/2024), untuk meningkatkan kualitas liputan media untuk haji dan umroh.

Baca Juga

Untuk itu, langkah yang dilakukan adalah dengan berkolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan dalam komunikasi kelembagaan. Sehingga mendorong penyampaian ide dan proyek media yang inovatif untuk memajukan representasi media terhadap acara keagamaan penting ini.

Selain itu, Arab Saudi juga meluncurkan 20 proyek jalan raya di wilayah Makkah. Pangeran Saud bin Mishaal, wakil emir wilayah Makkah, meluncurkan proyek tersebut dengan total panjang 385 km dan perkiraan biaya sebesar 1,4 miliar riyal Saudi.

 

Upacara peluncuran tersebut dihadiri oleh Menteri Perhubungan dan Logistik dan Ketua Dewan Direksi Badan Umum Jalan Eng. Saleh Al-Jasser, Penjabat CEO Otoritas Jalan Umum Eng Badr Al Dalami di markas besar emirat di Jeddah pada Kamis kemarin waktu setempat.

Pangeran Saud mengatakan, proyek-proyek ini hadir sebagai perpanjangan dari ketertarikan Saudi terhadap sistem transportasi dengan melayani para tamu Allah dan berkontribusi untuk memfasilitasi perjalanan ibadah mereka.

"Hal ini juga mencapai tujuan visi Kerajaan untuk menghubungkan kota, pusat, desa dan wilayah dengan jaringan transportasi jalan dan darat yang terintegrasi, modern dan aman," katanya.

Wakil emir meresmikan jalan langsung yang menghubungkan kota Jeddah ke sebagian Makkah sepanjang 24 km dengan perkiraan biaya 431 juta riyal Saudi. Juga proyek penggandaan Jalan Allaith, Makkah sepanjang 90 km.

Proyek ini akan berkontribusi dalam melayani jamaah haji dan umrah yang datang dari selatan Kerajaan dan mereka yang melewati Miqat Yalamlam, serta melayani desa-desa dan kota-kota yang berdekatan dengan jalan raya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement