Sabtu 17 Feb 2024 13:00 WIB

Yang Spesial dalam Penyelenggaraan Haji 2024

Haji 2024 sudah mulai dipersiapkan.

Calon jamaah haji melunasi biaya haji di Bank (ilustrasi).
Foto: Antara
Calon jamaah haji melunasi biaya haji di Bank (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, KENDARI -- Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Kendari melakukan serangkaian persiapan pemberangkatan bagi para jamaah haji asal daerah tersebut.

Kepala Seksi penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag Kota Kendari Sunardin di Kendari, Sabtu, mengatakan telah melaksanakan beberapa tahapan – tahapan pelaksanaan persiapan pemberangkatan jamaah haji tahun 2024 setelah keluarnya Keppres Nomor 6 Tahun 2023, yang berisi kuota jamaah haji berserta penetapan biayanya.

Baca Juga

“Tahun ini ada perbedaan dengan tahun – tahun sebelumnya di mana di 2023 para jamaah melakukan pelunasan terlebih dahulu kemudian melakukan tes Kesehatan sedangkan untuk tahun ini sebaliknya,” kata Sunardin.

Ia menyebutkan, untuk Kota Kendari sendiri pada 2024 mendapat kuota sebanyak 510 orang porsi masuk dan 140 orang cadangan, di mana 471 orang telah menyelesaikan pemeriksaan kesehatan dan pelunasan pembayaran tahap pertama yang dimulai sejak 10 Januari hingga 23 Februari 2024.

“Berdasarkan data yang masuk hingga hari ini yang telah melakukan pelunasan sebanyak 471 orang, masing – masing 399 orang porsi masuk dan 72 orang dari jamaah cadangan,” kata Sunardin.

Selain itu, lanjutnya, dari seluruh jamaah yang ada, sudah 457 orang atau 85 persen telah menyelesaikan penyetoran paspor-nya dan ada 453 orang atau 84 persen yang telah melakukan pemeriksaan biometri.

Ia menambahkan, mulai tanggal 13 -26 Maret 2024 akan kembali dilakukan pelunasan tahap kedua sehingga di sisa waktu yang ada pihaknya akan melakukan penyelesaian bagi jamaah haji yang belum menyelesaikan penyetoran paspor dan melakukan pemeriksaan biometri.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement