Rabu 21 Feb 2024 17:23 WIB

Pahala Umroh di Bulan Ramadhan

Umroh di bulan Ramadhan memiliki keutamaan.

Rep: Mgrol150/ Red: Muhammad Hafil
 Umroh di bulan Ramadhan memiliki keutamaan. Foto:  Puasa Ramadhan (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
Umroh di bulan Ramadhan memiliki keutamaan. Foto: Puasa Ramadhan (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Umroh merupakan ibadah yang sangat besar pahalanya bagi seiap muslim yang menjalankannya, apalagi bertepatan dengan bulan Ramadhan, bulan yang penuh berkah. Sehingga Nabi Muhammad SAW menyebutkan bahwa umat muslim yang menjalankan ibadah umrah di bulan Ramadhan pahalanya sama seperti ibadah haji. Apakah umroh yang dilakukan pada buklan Ramadhan tak perlu lagi menjalankan ibadah haji?

“Hal ini keutamaan umroh di bulan Ramadhan seperti mendapatkan pahala haji, tapi yang perlu kami hadirkan di sini adalah kewaspadaan kita jangan sampai kita beribadah itu ternyata dengan hawa nafsu, apapun bentuknya ini tidak digugurkan kewajiban. Jadi kalau orang umroh biarpun di bulan Ramadhan sama pahalanya dengan haji, bukan berarti gugur kewajiban haji kita, harus tetap kita melaksanakan ibadah haji nanti kalau mampu,” kata Buya Yahya, dikutip dari akun Youtube, Al-Bahjah TV, Rabu (21/02/2024).

Baca Juga

Seperti yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas R.A, Nabi Muhammad SAW pernah bertanya kepada salah seorang wanita anshar: “Mengapa anda tidak ikut haji bersama kami?”

“Kami hanya memiliki dua ekor onta. Onta yang satu dipakai suamiku bersama anakku pergi haji. Sementara yang satu digunakan untuk mengairi kebun.” Jawab wanita itu.

 

Kemudian Nabi Muhammad SAW menyarankan,

فَإِذَا جَاءَ رَمَضَانُ فَاعْتَمِرِي ، فَإِنَّ عُمْرَةً فِيهِ تَعْدِلُ حَجَّةً مَعِي

Artinya: “Jika datang bulan Ramadhan, lakukanlah umrah. Karena umrah di bulan Ramadhan, senilai haji bersamaku.” (HR. Bukhari 1782 dan Muslim 1256).

Buya Yahya menjelaskan, beribadah umroh pada bulan Ramadhan juga harus memikirkan skala prioritas dan jangan menuruti hawa nafsu, jika suatu ketika ternyata ada tetangga yang sakit dan perlu bantuan tidak bisa berobat karena tidak punya uang. Bahwa sesungguhnya lebih baik memberikan tetangga tersebut uang untuk biaya berobat lebih bagus daripada umroh. 

Buya Yahya juga mengingatkan, jangan sampai mengejar umroh Ramadhan sebagai trend yang menyebabkan kesombongan dan membuat hati mati dengan tidak memperhatikan sekitar seperti kerabat dan saudara. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement