Jumat 23 Feb 2024 13:35 WIB

Kemenag-Garuda Indonesia Teken MoU Angkutan Jamaah Haji 2024

Maskapai perlu memberikan layanan prioritas bagi jamaah haji lansia.

Kementerian Agama dan Garuda Indonesia menandatangani kerja sama angkutan jamaah haji 1445 Hijriah/2024 Masehi.
Foto: Kemenag
Kementerian Agama dan Garuda Indonesia menandatangani kerja sama angkutan jamaah haji 1445 Hijriah/2024 Masehi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Agama (Kemenag) bersama maskapai penerbangan Garuda Indonesia menandatangani kontrak kerja sama (MoU) terkait angkutan udara jamaah haji reguler Indonesia 1445 Hijriyah/2024 Masehi.

Proses penandatanganan dilakukan Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Dirjen PHU) Hilman Latief dan Direktur Utama PT Garuda Indonesia Irfan Setiaputra di Kantor Kementerian Agama, Jakarta.   

Baca Juga

"Alhamdulillah hari ini kita telah menandatangani perjanjian kerja sama dengan Garuda Indonesia. Kami berharap Garuda Indonesia dapat memberikan pelayanan terbaik kepada jamaah haji Indonesia," ujar Hilman Latief dalam keterangannya di Jakarta, Jumat (23/2/202).   

Hilman menjelaskan berdasarkan data jamaah berangkat pada Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat), jumlah jamaah yang akan berangkat ke Tanah Suci sepertiganya masih diisi oleh mereka yang berusia di atas 65 tahun.   

Maka dari itu, Pemerintah masih mengusung program Haji Ramah Lansia dalam penyelenggaraan haji 1445 H/2024 M.

"Ini perlu menjadi perhatian maskapai untuk memberikan layanan prioritas bagi jamaah haji lansia. Termasuk juga jamaah disabilitas saya berharap ini juga menjadi concern dari Garuda Indonesia," kata dia.

Ia meminta Garuda Indonesia untuk memberikan serta mengkomunikasikan inovasi layanan penerbangan bagi jamaah haji. "Tolong dipersiapkan, dan segera sampaikan apa inovasi layanan yang akan diberikan maskapai agar bisa disinkronkan dengan program Haji Ramah Lansia," kata Hilman.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra menyampaikan akan mempersiapkan layanan penerbangan haji dengan optimal. "Garuda Indonesia berkomitmen terhadap keamanan penerbangan, service excellence dan ada beberapa tambahan service yang kita berikan kepada jamaah haji Indonesia," kata Irfan.

Beberapa pelayanan tambahan yang disiapkan Garuda Indonesia tahun ini, antara lain penambahan jumlah kursi roda dan penyiapan jumlah petugas yang lebih mumpuni.

"Kita juga akan menyiapkan tambahan pelayanan petugas khusus untuk menurunkan dan menaikkan barang bawaan jamaah di dalam kabin," kata Irfan.

"Khususnya, saat penerbangan pemulangan. Terutama untuk Embarkasi Makassar yang biasanya jumlah barang bawaannya lebih banyak," kata dia.

Pada musim haji 1445 H/2024 M, Garuda Indonesia akan mengangkut sebanyak 109.072 penumpang yang terdiri dari jamaah dan petugas haji. Jumlah ini akan terbagi dalam 294 kelompok terbang dari sembilan embarkasi, yaitu Aceh, Medan, Padang, Jakarta, Solo, Banjarmasin, Balikpapan, Makassar, dan Lombok.

Untuk pelayanan tersebut, Garuda Indonesia akan menurunkan 14 armada selama penyelenggaraan haji 1445H/2024M. Adapun jenis pesawat yang akan digunakan terdiri dari pesawat Boeing 777-400, Boeing 747-400, dan Airbus A330-300.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement