Sabtu 02 Mar 2024 16:06 WIB

Pesan Ulama dalam Setiap Kebijakan Umar bin Abdul Aziz

Umar bin Abdul Aziz meminta nasihat ulama dalam membuat kebijakan.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Muhammad Hafil
Kisah Umar bin Abdul Aziz Takut Peluang Korupsi (ilustrasi)
Foto: wikipedia
Kisah Umar bin Abdul Aziz Takut Peluang Korupsi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Khalifah Umar bin Abdul Aziz sering berkonsultasi dengan para ulama dan meminta nasihat mereka dalam banyak hal. Khalifah Umar bin Abdul Aziz menarik sekelompok orang berbakat di sekelilingnya, termasuk orang-orang seperti Salim bin Abdullah, Muhammad bin Ka'ab al-Qurtubi dan Raja bin Haywah. 

Khalifah Umar bin Abdul Aziz saat berhadapan dengan para alim ulama berbakat itu berkata, "Aku terbebani dengan urusan (menjadi khalifah) ini, maka berilah nasihat padaku tentang hal itu."

Baca Juga

Dengan cara yang sama, Khalifah Umar bin Abdul Aziz berkonsultasi dengan orang-orang yang berakal cemerlang. Khalifah Umar bin Abdul Aziz telah bertekad untuk melakukannya. Yakni mereformasi lingkaran dalamnya begitu ia diangkat menjadi khilafah.

Khalifah Umar bin Abdul Aziz melakukan dengan cara tetap berada di tengah-tengah para ulama dan orang-orang shaleh, serta menjauhkan diri dari mereka yang hanya tertarik pada kemajuan duniawi dan keuntungan pribadi. 

Allah SWT mengasihaninya, untuk memilih orang-orang terdekatnya, namun dia melangkah lebih jauh dari itu dengan mendesak dan memuji mereka untuk menilainya. 

Oleh karena itu, Khalifah Umar bin Abdul Aziz berkata kepada Umar bin Muhajir, "Jika kamu pernah melihatku menyimpang dari kebenaran lalu letakkan tanganmu di leherku, jabat aku dan katakan 'Wahai Umar, apa yang kamu lakukan?!'"

Keberhasilan Khalifah Umar bin Abdul Aziz ditambah dengan pengaruh orang-orang disekitarnya yang mendukung dan menyemangatinya serta menjaga khalifah agar tetap berkepala dingin dan memastikan kebenaran Khalifah Umar bin Abdul Aziz dalam mengambil keputusan. 

Di antara banyak alasan mengapa banyak keberhasilan Khalifah Umar bin Abdul Aziz yang luar biasa adalah karena kedekatannya dengan orang-orang yang berpengetahuan dan saleh (alim ulama) serta dekat dengan mereka yang mau berbagi tanggung jawab besar dengan khalifah. 

Pada akhirnya, hasil dari kesatuan dan persatuan ini membawa kebaikan yang lebih besar bagi umat Islam dan agama Islam di masa pemerintahan Khalifah Umar bin Abdul Aziz.

 

Dilansir dari buku The Rightly-Guided Caliph and Great Reviver: Umar bin Abdul Aziz yang ditulis Ali Muhammad Muhammad As-Sallabi diterbitkan Darussalam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement