Selasa 05 Mar 2024 05:25 WIB

Rahasia Surat Yasin

Surat yasin memiliki banyak keistimewaan.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Muhammad Hafil
Infografis Keutamaan Surat Yasin
Foto: Infografis Republika
Infografis Keutamaan Surat Yasin

REPUBLIKA.CO.ID,KAIRO -- Surat Yasin sering dibaca untuk mendapatkan berkah, perlindungan, dan pahala dari Allah SWT. Keutamaan Surat Yasin didasarkan pada hadis-hadis yang menyebutkan tentang keutamaannya, seperti mendatangkan rahmat, ampumam, dan pertolongan dari Allah SWT bagi yang membacanya dengan baik dan ikhlas.

Karena itu, orang-orang yang mau meninggal atau sudah meninggalkan pun kerap dibacakan surat Yasin, seperti dalam acara Yasinan atau Tahlilan yang banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia. 

Baca Juga

Lalu apa saja rahasia yang ada di balik jantungnya Alquran ini? 

Surah Yasin adalah inti dari kitab suci Alquran. Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan Anas bin Malik Ra, Nabi Muhammad SAW bersabda:

 

إِنَّ لِكُلِّ شَىْءٍ قَلْبًا وَقَلْبُ الْقُرْآنِ يس َمَنْ قَرَأَ يس كَتَبَ اللَّهُ لَهُ بِقِرَاءَتِهَا قِرَاءَةَ الْقُرْآنِ عَشْرَ مَرَّاتٍ

Artinya: "Setiap sesuatu ada jantungnya (qalbu). Jantungnya Alquran adalah surat Yasin. Siapa yang membaca surat Yasin, Allah menulis baginya pahala seolah-olah ia telah mengkhatamkan sepuluh kali Alquran." (HR Darimi dan Tirmidzi).

Jantung adalah bagian penting dari tubuh manusia. Organ ini melakukan pekerjaan yang sangat penting. Persamaan ini menunjukkan betapa pentingnya Surat Yasin. Dengan mengingat hal ini, kita dapat dengan mudah berasumsi seberapa besar manfaat Surat Yasin sebagai inti dari Alquran. 

Terdiri dari 83 ayat, surat Yasin diturunkan di Makkah. Surat Yasin mempunyai manfaat yang berbeda-beda, khususnya dalam kehidupan kita sehari-hari. Berikut 7 keutamaan atau rahasia surat Yasin sebagai jantungnya Alquran:

1. Pengampunan Dosa

Di dalam sebuah hadits dari Abu Hurairah Ra, Rasulullah SAW bersabda: “Siapa yang membaca (surat) Yasin pada malam hari dengan mengharap keridaan Allah maka diampuni dosa-dosanya,” (HR At Thabrani dan Al-Baihaqi).

Dalam hadits lain juga dijelaskan,

عن أبي هريرة قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: (من قرأ سورة يس في ليلة ابتغاء وجه الله غُفر له في تلك الليلة).

Diriwayatkan dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda, "Siapa pun yang membaca Surat Yasin pada waktu malam untuk mengharap wajah Allah (ridha Allah), maka mendapat ampunan di malam tersebut." (HR. Ad Darimi)

Seorang muslim, baik perempuan maupun laki-laki, pasti pernah melakukan kesalahan sepanjang hidupnya. Meskipun menyadari kesalahan masa lalu, dia akan kembali membuat kesalahan. Namun, Allah SWT merupakan Maha Pengampun. Dia akan mengampuni dosa-dosa hambanya yang melakukan tobat yang tulus.  

Surah Yasin adalah surat terbaik dalam Alquran, yang memberikan jaminan pengampunan atas dosa-dosa yang dilakukan. Pembacanya harus beriman kepada rahmat Allah dan Dia akan melimpahkan nikmat-Nya.

2. Pahala yang Melimpah

Dari Anas, Rasulullah SAW bersabda: "Barangsiapa yang membaca surat Yasin, maka ia seakan-akan telah membaca Alquran sebanyak sepuluh kali” (HR Tirmidzi).

Dalam hadis ini sudah jelas isyarat pahala yang melimpah. Siapapun yang membaca surat Yasin akan mendapatkan pahala seperti orang yang mengkhatamkan Alquran. Inilah rahasia yang dimiliki Surat Yasin. Karena itu, umat Islam hendaknya menghafal Surat Yasin untuk dibaca berkali-kali dalam sehari kapan pun kita punya waktu luang.

3. Kemudahan Saat Sakaratul Maut

Surah Yasin akan membawa kenyamanan saat detik-detik kematian. Nabi Muhammad SAW bersabda, “Jika seseorang sedang sekarat, hendaknya membacakan Surat Yasin untuknya.”

Merupakan fakta yang tidak terbantahkan bahwa Alquran memberi kita petunjuk dalam segala hal kehidupan. Surat Yasin ini bisa menyelamatkan kita dari api neraka. Secara kolektif, surat Yasin adalah kombinasi kesuksesan dunia dan akhirat. Ini memberikan kelegaan bagi jiwa yang akan menempuh perjalanan terakhir mereka di dunia.   

4. Memenuhi Kebutuhan

Ata bin Abi Ribbah meriwayatkan, Nabi Muhammad SAW bersabda, “Barangsiapa membacakan Surat Yasin di pagi hari, Allah SWT akan memenuhi semua kebutuhannya.”

Kita menghadapi berbagai jenis kebutuhan sepanjang hidup kita. Terkadang kebutuhan tersebut dipenuhi dengan mudah, namun terkadang sulit bagi kita untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Hanya saja, kita tidak boleh berkecil hati. Kita harus melanjutkan perjuangan kita untuk memenuhi kebutuhan. Selain itu harus tetap berharap kepada Allah SWT bahwa Dia akan mengatasi masalah kita.

Sebagian ulama juga berpendapat bahwa membaca Surat Yasin sebanyak 41 kali akan bermanfaat bagi terkabulnya hajat. Menurut para ulama ini, kita akan menerima pertolongan Allah dalam berbagai urusan di dunia. 

5. Melunasi Hutang

Sebagian ulama mengatakan bahwa membaca Surah Yasin tujuh kali setiap malam setelah shalat Isya membantu kita melunasi hutang kita. Dalam bisnis dan bidang lain, kita membutuhkan lebih banyak uang daripada yang kita miliki. Kita perlu meminjam uang ini dari seseorang. Sayangnya nanti jika kita mengalami kecelakaan dan kita tidak mampu membayar hutang kita.

Para ulama menyarankan agar kita mengamalkan Yasin. Membaca Surat Yasin setiap malam sebanyak tujuh kali akan mengubah hari-hari hidup kita. 

6. Mengabulkan Hajat

Jika dibaca secara istiqamah, surat Yasin juga dapat mengabulkan hajatnya seseorant. Hal ini sebagaimana disebutkan dalam hadits yang diriwayatkan Abu Daud sebagai berikut: 

من قرأ سورة يس والصافات ليلة الجمعة أعطاه الله سؤله

Artinya: “Barangsiapa membaca surat Yasin dan al-Shaffat di malam Jumat, Allah mengabulkan permintaannya.” (HR Abu Daud dari al-Habr)

7. Surat Yasin untuk Pernikahan

Memang diakui bahwa Surat Yasin bermanfaat untuk mendapatkan pertolongan Allah dalam masalah perkawinan. Surat ini dapat membantu kita memecahkan berbagai masalah sehari-hari.

Misalnya, jika Anda mempunyai kekhawatiran atau keraguan mengenai pernikahan atau pasangan Anda. Surat ini akan membantu Anda untuk memudahkan ujian pada pasangan Anda. Surat Yasin pasti akan membantu Anda untuk menemukan sifat calon istri Anda. 

Dengan membaca surat Yasin Anda akan mendapatkan kejernihan pikiran. Alhasil, setelah menemukan pasangan terbaik, Anda akan memulai fase kehidupan baru. Ini adalah Surat terbaik untuk masalah pernikahan yang telah digunakan sejak lama. Diakui, hal itu akan menjadi penyebab rahmat Allah dalam hidup Anda.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement