Selasa 05 Mar 2024 23:29 WIB

1.350 Muslimah Dilatih untuk Layani Jamaah di Masjid Nabawi

Mereka telah dilatih dan dibekali dengan keterampilan yang diperlukan.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Masjid Nabawi.
Foto: Republika/Prayogi.
Masjid Nabawi.

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH -- Otoritas Umum untuk Urusan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi telah merekrut 1.350 sukarelawan wanita. Mereka telah dilatih dan dibekali dengan keterampilan yang diperlukan untuk memberikan layanan berkualitas tinggi kepada muslimah yang mengunjungi masjid Nabawi.

Dilansir dari Arab News, Selasa (5/3/2024), topik yang dibahas selama pelatihan termasuk manajemen kerumunan, komunikasi dengan pengunjung masjid, manajemen acara sukarelawan, dan merawat lansia  dan penyandang disabilitas.

Baca Juga

Otoritas juga telah mengganti karpet di Al-Rawdah Al-Sharifa di Masjid Nabi dalam persiapan untuk bulan suci Ramadhan, di mana selalu terjadi lonjakan signifikan para peziarah dari seluruh dunia.

Karpet baru berkualitas tinggi adalah bagian dari serangkaian peningkatan layanan yang diterapkan oleh otoritas untuk meningkatkan pengalaman pengunjung masjid.

Pekan lalu, Otoritas Umum untuk Urusan Masjid Agung dan Masjid Nabi mengumumkan telah menyambut total 6.000.247 pengunjung dalam satu minggu. Pencapaian tersebut difasilitasi oleh layanan berkualitas tinggi yang memungkinkan mereka dapat melakukan ibadah umroh dengan aman dan lancar.

Statistik yang dikeluarkan oleh otoritas menunjukkan bahwa 647.790 orang mengunjungi makam Nabi Muhammad. Selain itu, 298.397 pengunjung melakukan sholat di Al-Rawdah Al-Sharifa, mengikuti prosedur organisasi yang mengatur pergerakan orang banyak dan menetapkan waktu sholat khusus untuk pria dan wanita.

Otoritas juga melaporkan bahwa 16.506 orang lanjut usia dan individu penyandang disabilitas dapat menggunakan kursi roda listrik yang disediakan untuk memudahkan akses mereka ke Masjid Nabawi, sementara 114.532 pengunjung mendapat manfaat dari layanan bimbingan, yang membantu mereka dalam menavigasi berbagai pameran, museum, dan area lainnya.

Sebanyak 147.735 pengunjung mendapat manfaat dari layanan terjemahan, dan 12.205 mencari informasi di perpustakaan Masjid Nabawi.

Lebih dari 5.400 orang mengunjungi pameran dan museum, sementara 30.140 menggunakan layanan transportasi. Selain itu, 146.429 hadiah juga dibagikan termasuk salinan Alquran, payung, keset, pembakar dupa, bunga, dan permen ditawarkan kepada pengunjung.

Lebih dari 160 ribu botol air Zamzam dipasok ke pengunjung, dan 142.007 makanan buka puasa didistribusikan di koridor masjid yang diperuntukkan bagi orang-orang yang telah berpuasa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement