Sabtu 09 Mar 2024 17:34 WIB

Arab Saudi Latih 1.300 Relawan Perempuan untuk Bantu Jamaah Menuju Masjid Nabawi

Arab Saudi sambut puncak musim umroh pada Ramadhan

Rep: Umar Mukhtar / Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi Masjid Nabawi. Arab Saudi sambut puncak musim umroh pada Ramadhan
Foto: Agung Sasongko/Republika
Ilustrasi Masjid Nabawi. Arab Saudi sambut puncak musim umroh pada Ramadhan

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH – Otoritas Arab Saudi memberikan pelatihan kepada 1.352 relawan perempuan untuk membantu jamaah menuju Masjid Nabawi, Kota Madinah, Arab Saudi. 

Kursus online ini diselenggarakan oleh Otoritas Umum untuk Perawatan Masjid Nabawi. Pelatihan ini bertujuan untuk mengajarkan keterampilan komunikasi dan bimbingan kepada jamaah wanita kepada peserta pelatihan, sebagaimana dilansir Gulf News, Sabtu (9/3/2024).

Baca Juga

Tema-tema yang dibahas dalam kursus ini mencakup keterampilan kerja sukarela, pengelolaan massa, seni berurusan dengan jamaah, dan kepedulian terhadap orang lanjut usia dan orang-orang yang memiliki keterbatasan fisik.

Kursus-kursus tersebut diselenggarakan menjelang Ramadhan, yang akan dimulai tahun ini pada Senin. Ramadhan secara tradisional menandai musim puncak umroh atau ziarah kecil di Masjidil Haram, situs paling suci umat Islam, di kota Makkah, Saudi.

Setelah menunaikan umroh, banyak peziarah menuju ke Madinah untuk sholat di Masjid Nabawi dan mengunjungi tempat-tempat Islam lainnya di kota tersebut. 

Pihak berwenang Arab Saudi yang bertanggung jawab atas Masjid Nabawi mengatakan mereka siap melayani jamaah yang diperkirakan akan berbondong-bondong datang ke tempat tersebut pada Ramadhan.

Lebih dari 8,5 juta makanan berbuka puasa (buka puasa) diperkirakan dibagikan kepada jamaah di akhir puasa subuh mereka selama Ramadhan. Sekitar 2,5 juta botol air Zamzam yang diberkahi akan dibagikan di masjid selama bulan lunar.

Menjelang Ramadhan, Otoritas Umum untuk Perawatan Masjid Nabawi baru-baru ini mengadakan lokakarya untuk meninjau persiapan bulan Ramadhan. 

Upaya tersebut termasuk mengintensifkan layanan untuk mengatasi perkiraan peningkatan jumlah jamaah dan pengunjung. 

Baca juga: Bawah Masjid Al Aqsa Penuh Terowongan, Mitos Kuil Sulaiman dan Sapi Merah yang tak Muncul 

Layanan tersebut terdiri dari pembersihan dan sterilisasi permadani yang tersebar di seluruh tempat dan mengatur kerumunan orang pada jam sibuk.

Lebih dari 280 juta Muslim sholat di Masjid Nabawi pada tahun 2023, menurut angka resmi. Di masjid ini terdapat Raudhah Al Syarif, tempat makam Nabi Muhammad SAW berada.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement