Selasa 12 Mar 2024 23:51 WIB

Arab Saudi Haruskan Jamaah Umroh Kenakan Masker

Memakai masker melindungi jamaah umroh dari penyakit menular.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Suasana di Kawasan Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi, Sabtu (29/4/2023).
Foto: Republika/Prayogi
Suasana di Kawasan Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi, Sabtu (29/4/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH -- Pihak berwenang Saudi meminta jamaah yang menuju dua masjid paling suci umat Islam, Masjidil Haram di Makkah dan Masjid Nabawi di Madinah, mengenakan masker. Ini diperlukan demi kesehatan mereka selama ibadah umroh pada bulan suci Ramadhan 1445 H.

Dilansir Gulf News, Selasa (12/3/2024), Direktorat Keamanan Publik Kerajaan menyatakan memakai masker di Masjidil Haram di Mekah dan Masjid Nabawi di Madinah serta halamannya memberikan perlindungan dari penyakit menular bagi pemakainya dan orang lain.

Baca Juga

Di bulan Ramadhan, jamaah Muslim dari dalam dan luar Arab Saudi biasanya berbondong-bondong ke Masjidil Haram, tempat paling suci umat Islam, untuk melakukan umroh dan sholat.

Untuk mengatasi gelombang pengungsi yang diperkirakan akan terjadi, pihak berwenang Saudi telah meluncurkan serangkaian langkah untuk membantu jamaah melaksanakan ibadah dengan lancar dan nyaman. Halaman masjid, tempat Ka'bah Suci, dan lantai dasar diperuntukkan bagi jamaah umrah selama Ramadhan 1445 H.

Selain itu, otoritas Saudi juga menyediakan gerbang tertentu di masjid-masjid yang luas tersebut sebagai tempat masuk dan keluarnya jamaah guna mencegah kepadatan yang berlebihan.

Pengaturan baru ini dibuat melalui koordinasi dengan lembaga pemerintah yang beroperasi di Masjidil Haram. Bulan suci Ramadhan diperkirakan akan memperlihatkan aliran besar jutaan peziarah dari dalam Kerajaan dan seluruh dunia.

Pihak berwenang Saudi telah memobilisasi...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement