Kamis 21 Mar 2024 13:48 WIB

Jamaah Umroh Kini Bisa Tawaf Menggunakan Kereta Golf

Kereta golf disediakan untuk membantu jamaah umroh lansia dan berkebutuhan khusus.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Kabah di Masjidil Haram,  Makkah, Arab Saudi.
Foto: EPA-EFE/ASHRAF AMRA
Kabah di Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi.

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH -- Kerajaan Arab Saudi (KSA) telah meluncurkan kereta golf pintar untuk membantu para peziarah umroh dalam melakukan ritual tawaaf di sekitar Ka'bah suci di Masjid Agung di Makkah.

Peluncuran tersebut bertepatan dengan bulan suci Ramadhan, yang dimulai pada 11 Maret, yang biasanya menandai musim puncak umroh.

Baca Juga

Dilansir dari Siasat, pada Kamis (21/1/2024), inisiatif ini bertujuan membantu individu dengan kebutuhan khusus, lansia, dan individu yang cacat fisik dalam melakukan ziarah umroh dengan mudah dan meyakinkan.

Klip video yang beredar di platform media sosial menunjukkan kereta golf yang membawa peziarah mengitari Ka'bah di jembatan melingkar di lantai baru yang ditunjuk Masjidil Haram.

Pada 2014, sebuah studi sedang berlangsung untuk menggunakan kereta golf pintar dengan instruksi dikeluarkan oleh Penjaga Dua Masjid Suci Raja Abdullah Faisal Wafa, Ketua Komite Teknis untuk Penjaga Proyek Perluasan Dua Masjid Suci Masjidil Haram

Dalam beberapa bulan terakhir, Kerajaan telah meluncurkan sejumlah fasilitas bagi umat Islam di luar negeri untuk datang ke negara itu untuk melakukan umroh.

Umroh adalah ziarah ke dua situs paling suci Islam di kota-kota suci Makkah dan Madinah dan dapat dilakukan kapan saja sepanjang tahun. Ini berbeda dari ibadah haji yang berlangsung setahun sekali.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement