Rabu 17 Apr 2024 19:27 WIB

1.167 Calon Jamaah Pekanbaru Ikuti Manasik Haji Perdana

Setelah manasik perdana, calhaj akan mengikuti manasik lanjutan di tingkat kecamatan.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi manasik haji.
Foto: Antara/Aloysius Jarot Nugroho
Ilustrasi manasik haji.

REPUBLIKA.CO.ID, PEKANBARU -- Kementerian Agama Kota Pekanbaru melaksanakan manasik haji perdana di Masjid Agung Annur Pekanbaru. Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Pekanbaru Syahrul Mauludi mengatakan kegiatan ini diikuti seluruh calon jamaah haji (Calhaj) Kota Pekanbaru yang berjumlah 1.167 orang.

"Kegiatan bimbingan manasik haji ini dalam rangka mempersiapkan diri dengan baik. Ini merupakan bentuk pelayanan pemerintah kepada calhaj, yaitu memberikan bimbingan kepada jamaah," kata Mauludi, Rabu (17/4/2024).

Baca Juga

Ia menyebut setelah manasik perdana ini, calhaj akan mengikuti manasik lanjutan di tingkat kecamatan. Menurut Mauludi, pola manasik itu ada dua.

Pertama, di tingkat kecamatan sebanyak delapan kali pertemuan dan tingkat kota dua kali pertemuan. Ia berharap dengan 10 kali pertemuan manasik, persiapan calhaj jadi lebih baik.

Dia mengatakan calhaj asal Kota Pekanbaru akan diberangkatkan dari Pekanbaru ke Batam melalui Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru pada 12 Mei 2024. Selanjutnya, jamaah diterbangkan dari Embarkasi Haji Batam pada 13 Mei 2024 ke Arab Saudi.

"Semoga tahapan dari pelaksanaan ibadah haji ini bisa terlaksana dengan baik dan lancar, dan calhaj diberi kesehatan dan kekuatan untuk bisa nantinya menunaikan ibadah suci dengan khusyuk dan pulang dengan meraih gelar haji mabrur mabruroh," ujar Mauludi.

Kegiatan manasik perdana di Masjid Agung Annur Pekanbaru hari ini dibuka secara resmi oleh Pj Wali Kota Pekanbaru, Muflihun. Dia mengingatkan calhaj untuk dapat mengikuti pelaksanaan manasik haji ini dengan serius dan sungguh-sungguh agar calhaj bisa melaksanakan ibadah haji sesuai dengan rukun-rukunnya.

"Manasik ini merupakan bagian dari pemberian ilmu pengetahuan agar calhaj bisa mengikuti atau melaksanakan ibadah haji nantinya sesuai dengan tahapan atau alurnya," ujar Muflihun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement