Kamis 18 Apr 2024 14:11 WIB

Arab Saudi akan Gelar Kompetisi Hafalan Alquran Berhadiah Total Rp 17 Miliar

Kompetisi ini dibagi menjadi lima kategori.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Umat Islam berjalan usai menjalankan ibadah shalat magrib di Masjidil Haram, Mekah, Arab Saudi, Kamis (22/6/2023).
Foto: ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
Umat Islam berjalan usai menjalankan ibadah shalat magrib di Masjidil Haram, Mekah, Arab Saudi, Kamis (22/6/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH -- Kompetisi Internasional Raja Abdulaziz untuk Hafalan Alquran. Pelafalan, dan Interpretasi Alquran akan dimulai pada awal Agustus 2024. Ini merupakan kompetisi Alquran ke-44 yang akan digelar di Makkah.

Dilansir dari Arab News pada Rabu (17/4/2024), ajang bergengsi ini yang menarik kontestan dari seluruh dunia, menawarkan total hadiah sebesar 4 juta riyal saudi atau 1,07 juta dolar AS (Rp 17,3 miliar).

Baca Juga

Kompetisi ini dibagi menjadi lima kategori. Pertama, menghafal seluruh isi Alquran dengan bacaan dan intonasi yang tepat sesuai dengan tujuh kaidah bacaan.

Dua, menghafal Alquran beserta tafsir syarat-syaratnya. Tiga, hafalan 15 juz (bagian) dari Alquran dengan bacaan dan intonasi yang tepat.

Empat, hafalan lima juz dengan bacaan dan intonasi yang benar. Terakhir, kategori untuk hafalan yang lebih pendek dengan persyaratan pembacaan dan intonasi yang sesuai.

Pada kategori pertama, tiga pemenang teratas akan menerima 500 ribu riyal (Rp 2,16 miliar), 450 ribu riyal (Rp 1,94 miliar), dan 400 ribu riyal (Rp 1,73 miliar). Upacara penutupan acara akan diadakan di Masjidil Haram di Makkah.

Menteri Urusan Islam Saudi, Dawah dan Bimbingan Sheikh Abdullatif Al-Asheikh mengucapkan terima kasih kepada para pemimpin Kerajaan atas dedikasi mereka terhadap Alqur'an, menambahkan bahwa kompetisi tersebut menunjukkan komitmen negara untuk mempromosikan nilai-nilainya di kalangan pemuda Arab Saudi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement