Kamis 18 Apr 2024 17:12 WIB

Ratusan Calon Jamaah Haji Banjarmasin Ikuti Manasik Haji

Gelar manasik haji akan dilaksanakan sebanyak 10 kali bagi calon jamaah haji.

Calon jamaah haji tengah menjalani manasik.
Foto: Republika
Calon jamaah haji tengah menjalani manasik.

REPUBLIKA.CO.ID, BANJARMASIN -- Ratusan calon haji Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, mengikuti bimbingan manasik haji untuk kesiapan keberangkatan pada musim haji 2024.

 

Baca Juga

Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina dalam gelar bimbingan manasik haji bagi ratusan calon haji kotanya di Banjarmasin, Kamis (18/4/2024), menyampaikan pesan penting tentang persiapan yang matang untuk melaksanakan ibadah haji dengan lancar dan bermakna.

 

Dia menekankan pentingnya para calon jamaah haji daerahnya dan lainnya memahami secara mendalam prosedur dan tata cara pelaksanaan ibadah haji,

 

"Ada hal-hal teknis yang perlu diperhatikan agar tidak bingung saat melaksanakan ibadah haji. Penting untuk berilmu sebelum beramal, agar bisa memahami rukun, syarat, wajib dan sunahnya," ujarnya.

 

Ibnu Sina juga memberikan contoh situasi yang mungkin dialami jamaah selama pelaksanaan ibadah haji, seperti tertinggal rombongan atau kebingungan dalam menjalankan ibadah tertentu. Selain itu, ia juga menyentuh soal kesiapan fisik, terutama bagi jamaah yang rentan, seperti lansia.

 

"Jamaah risiko tinggi perlu diawasi oleh petugas haji, ada yang mengawal yang bersangkutan. Tadi ada calon haji yang sudah 90 tahun, tapi masih bisa jalan dan ada juga usia 85 tahun menggunakan kursi roda," jarnya.

 

Dia berharap bahwa kegiatan manasik berjalan lancar dan calon jamaah haji dapat melaksanakan ibadah haji dengan ilmu yang cukup. "Semoga ibadah haji menjadi mabrur dan membawa berkah bagi masyarakat Kota Banjarmasin," katanya.

 

Gelar manasik haji akan dilaksanakan sebanyak 10 kali bagi calon jamaah haji, yakni delapan kali ditingkat KUA kecamatan dan dua kali di kabupaten/kota. Manasik haji tidak hanya menjadi ajang persiapan teknis bagi jamaah, tetapi juga menjadi momen untuk mempererat persaudaraan dan meningkatkan kesadaran spiritual sebelum menjalani ibadah haji yang dianggap sebagai salah satu rukun Islam yang paling penting.

 

Dari kuota haji Kalsel sebanyak 4.071 orang tahun 2024 ini, sebanyak 578 calon jamaah haji dari Kota Banjarmasin. Adapun calon jamaah haji Kota Banjarmasin yang termuda berusia 18 tahun dan tertua berusia 90 tahun.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement