Jumat 19 Apr 2024 13:24 WIB

Persiapan Haji 2024, Kemenag: Hampir 23 Ribu Jamaah Sudah Tervisa

Kemenag akan optimalkan pelayanan haji 2024.

Rep: Muhyiddin/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi pelatihan manasik haji.
Foto: Antara/Aloysius Jarot Nugroho
Ilustrasi pelatihan manasik haji.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Agama (Kemenag) terus menyiapkan proses penyelenggaraan ibadah haji 1445 H/2024 M, baik di Arab Saudi maupun di dalam negeri. Di dalam negeri sendiri, saat ini sudah ada 213.320 jamaah reguler yang telah melakukan pelunasan dan sedang dalam proses verifikasi visa. 

Kuota Jamaah Haji Indonesia pada 2024 ada sebanyak 241 ribu orang, yang terdiri atas jamaah reguler dan jamaah haji khusus. Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri pada Direktorat Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Saiful Mujab mengatakan, pelunasan jamaah haji saat ini telah terpenuhi kuota.

Baca Juga

"Alhamdulillah pelunasan jamaah haji sudah terpenuhi kuota. Untuk reguler 213.320 sudah terpenuhi, saat ini sedang proses visa dan juga masalah dokumen lainnya seperti paspor, bio visa, ya kesehatan sudah selesai," ujar Saiful Mujab kepada Republika pada Jumat (19/4/2024). 

"Visa jamaah saat ini sudah tervisa hampir 23 ribuan, ini terus proses pemvisaan sesuai dengan pra-manifest kloter yang sudah tersusun di masing masing embarkasi," ucap dia. 

Selain itu, menurut dia, jadwal penerbangan jamaah haji juga sudah ditetapkan, baik melalui maskapai Saudia Airlines maupun Garuda Indonesia. "Kita juga masih menyiapkan terkait persiapan asrama haji di asrama haji. Alhamdulillah kita sudah persiapkan semua terutama asrama haji embarkasi, transit maupun Antara ini sudah kita siapkan untuk menerima jamaah haji," kata dia.

Terkait dengan masalah proses gelang, kata dia, juga sudah dalam proses. Tiga hari sebelum penerbangan pertama, menurut dia, gelang itu diupayakan sudah ada di masing masing embarkasi. 

"Koper sudah hampir 50 persen distribusinya dari masing-masing maskapai ke masing-masing kanwil," jelas Saiful Mujab. 

Dia menambahkan, bank penerima setoran nantinya juga akan menyerahkan seragam batik kepada jamaah haji Indonesia. Batik tersebut akan diserahkan secara simbolis di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur pada 28 April 2024 mendatang. 

"Bahkan nanti pada tanggal 28 April ini mau ada launching senam jamaah haji dan sekaligus launching pemberian batik haji oleh bank penerima setoran. Itu di asrama haji dan akan diikuti oleh seluruh embarkasi," ujar dia. 

"Jadi prinsipnya segala persiapan, insya allah sudah siap semua. Tinggal kita mengatur pemvisaan yang terus proses, penentuan kloter juga sudah ya dan mohon doanya, semoga lancar semua," kata Saiful Mujab. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement