Jumat 19 Apr 2024 19:09 WIB

Jamaah Haji Embarkasi Banjarmasin Mulai Berangkat 12 Mei 2024

Embarkasi Banjarmasin akan memberangkatkan 19 kloter tahun ini.

Jamaah haji Kalimantan Tengah menunggu dijemput oleh keluarga dan kerabat setibanya di Gedung Palampang Tarung, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Ahad (31/7/2022).
Foto: ANTARA/Makna Zaezar
Jamaah haji Kalimantan Tengah menunggu dijemput oleh keluarga dan kerabat setibanya di Gedung Palampang Tarung, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Ahad (31/7/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, BANJARMASIN -- Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Kalimantan Selatan Muhammad Tambrin menyampaikan jamaah haji Embarkasi Banjarmasin mulai diberangkatkan pada 12 Mei 2024.

 

Baca Juga

Menurut dia, kloter pertama Embarkasi Banjarmasin dari Bandara Syamsudin Noor dijadwalkan bersama gelombang pertama keberangkatan haji nasional pada 12 Mei 2024 ke Tanah Suci Arab Saudi.

 

"Jadi jadwalnya pada 11 Mei 2024, jamaah haji Embarkasi Banjarmasin kloter pertama sudah masuk asrama haji," ujarnya di Banjarmasin, Jumat (19/4/2024).

 

Ia mengatakan jamaah haji kloter pertama sebanyak 320 orang dan direncanakan menggunakan pesawat Airbus 330 Garuda Indonesia langsung ke Madinah, Arab Saudi. Embarkasi Banjarmasin akan memberangkatkan sebanyak 19 kloter pada musim haji tahun ini. Mereka berasal dari dua provinsi, yakni Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah.

 

"Total jamaah haji yang diberangkatkan sebanyak 5.759 orang," ucapnya.

 

Ia merinci jamaah haji asal Kalimantan Selatan sebanyak 4.071 orang dan jamaah haji asal Kalimantan Tengah sebanyak 1.688 orang. Tambrin mengatakan terus mempersiapkan operasional keberangkatan jamaah haji dengan melakukan koordinasi ke berbagai pihak terkait, seperti Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalsel, Dinas Kesehatan, Balai Karantina Kelas I Banjarmasin, Kemenkumham Kalsel, Imigrasi Kalsel, Bea Cukai Kalsel, Garuda Indonesia, Gapura Angkasa, Angkasa Pura, dan UPT Asrama Haji.

 

"Saat ini juga tahapan yang sedang berjalan adalah penyelesaian dokumen jamaah haji untuk proses visa," ujarnya.

 

Tambrin pun mengimbau masyarakat untuk mendoakan kelancaran haji tahun 1445 Hijriyah/2024. "Untuk jamaah haji jaga kesehatan dengan rajin berolah raga ringan dan menjaga pola makan sehat," ujarnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement