Sabtu 20 Apr 2024 20:47 WIB

Senam Haji Indonesia Perdana Diluncurkan Tahun Ini, Siapa Penciptanya?

Senam haji tercipta berdasarkan penelitian dokter spesialis ilmu kedokteran fisik.

Rep: Muhyiddin/ Red: Ani Nursalikah
Jamaah lansia kloter SOC 20 mengikuti senam di Hotel Bilal Sektor 10, Mekah, Arab Saudi, Sabtu (17/6/2023).
Foto: ANTARA FOTO/WAHYU PUTRO A
Jamaah lansia kloter SOC 20 mengikuti senam di Hotel Bilal Sektor 10, Mekah, Arab Saudi, Sabtu (17/6/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas akan meluncurkan Senam Haji Indonesia yang dipraktikkan jamaah haji Indonesia pertama kalinya pada tahun ini. Peluncuran senam ini akan dilakukan pada 28 April 2024 di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur.

Seanam haji ini akan diberlakukan untuk seluruh jamaah haji yang akan berangkat ke tanah suci tahun ini. Kemenag memberlakukan senam haji ini setelah bekerja sama dengan Perhimpunan Kedokteran Haji Indonesia (Perdokhi) dan Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi Indonesia (Perdosri).

Baca Juga

Lalu siapa pencipta senam haji Indonesia ini?

Senam haji ini diprakarsai dan diciptakan oleh Ketua Umum Perdokhi Syarief Hasan Luthfie. Dia pun telah melakukan soft launching senam haji Indonesia di Jakarta Selatan pada Sabtu (20/4/2024). Dalam soft launching yang dikemas dengan halal bihalal ini, para pengurus Perdokhi yang hadir juga turut memperagakan senam haji.  

Menurut Syarief, senam haji ini tercipta berdasarkan penelitian yang telah dilakukan bersama dua dokter spesialis ilmu kedokteran fisik dan rehabilitasi lainnya, yaitu Irma Ruslina Defi dan Rifky Mubarak.

"Hasil penelitian ini dipublikasikan dan dijadikan surat keputusan oleh Kementerian Agama melalui Dirjen PHU sebagai senam haji Indonesia yang akan diberlakukan tanggal 28 April 2024 dan di-launching oleh menteri agama di Asrama Haji Pondok Gede," ujar dr Syarief kepada Republika.co.id, Sabtu (20/4/2024).

Dokter spesialis ilmu kedokteran fisik dan rehabilitasi ini menjelaskan, senam haji Indonesia ini merupakan terobosan Perdokhi dan PerdosriI untuk membuat suatu upaya memelihara tingkat kebugaran dalam latihan menjaga kesehatan sistem kardiovaskular maupun mempertahankan  pembuluh darah, otot, dan tulang.

Senam haji ini bisa dilakukan sejak...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement