Kamis 25 Apr 2024 06:05 WIB

Calon Jamaah Haji Penajam Paser Utara Berangkat 4 Juni 2024

Seluruh calon haji asal Kabupaten Penajam Paser Utara telah melengkapi dokumen.

Suasana di sekitar Kabah di dalam Masjidil Haram pada Kamis (1/6/2023) pagi.
Foto: Republika/Fuji Eka Permana
Suasana di sekitar Kabah di dalam Masjidil Haram pada Kamis (1/6/2023) pagi.

REPUBLIKA.CO.ID, PENAJAM PASER UTARA -- Calon jamaah haji Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur masuk dalam kelompok terbang (kloter) 16 yang akan diberangkatkan ke Tanah Suci melalui Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Kota Balikpapan pada 4 Juni 2024.

 

Baca Juga

"Sebanyak 141 calon haji ditambah delapan petugas dan pembimbing haji siap diberangkatkan," kata Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Penajam Paser Utara Muhammad Syahrir, di Penajam, Rabu (24/4/2024).

 

Menurut dia, persiapan sudah dilakukan semua secara bertahap. Kemudian, menunggu pelepasan calon haji ke asrama haji Embarkasi Kota Balikpapan untuk menjalani karantina sebelum diberangkatkan ke Tanah Suci.

Seluruh calon haji asal Kabupaten Penajam Paser Utara telah melengkapi dokumen sebagai syarat untuk berangkat menunaikan ibadah haji di Makkah dan Madinah, Arab Saudi.

 

"Biaya Perjalanan Ibadah Haji atau Bipih juga telah dilunasi dan calon haji sudah menjalani tes kesehatan serta divaksin meningitis dan flu," katanya.

 

Calon jamaah haji Kabupaten Penajam Paser Utara akan diberangkatkan bersama rombongan calon haji dari Kabupaten Paser, Kota Bontang, dan Kota Samarinda pada 4 Juni 2024 atau masuk gelombang kedua kloter 16.

Calon jamaah haji Kabupaten Penajam Paser Utara masuk ke asrama haji Embarkasi Kota Balikpapan pada 3 Juni 2024 sekitar pukul 14.00 Wita, kemudian jadwal keberangkatan ke Tanah Suci pada 4 Juni 2024 sekitar pukul 13.25 Wita dari Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Kota Balikpapan.

Menurut dia, berkas masing-masing calon haji asal Kabupaten Penajam Paser Utara yang bakal diberangkatkan itu dipastikan sudah lengkap. Para calon haji asal Kabupaten Penajam Paser Utara akan menjalani pembinaan atau manasik haji yang dilaksanakan di masing-masing kecamatan sebelum diberangkatkan.

 

"Setelah mengikuti manasik haji tingkat kabupaten, calon haji juga menjalani manasik haji yang dilaksanakan di masing-masing kecamatan," ucap dia.

 

"Kesehatan calon jamaah haji asal Kabupaten Penajam Paser Utara saat menjalankan rangkaian ibadah haji di Mekkah dan Madinah dipantau tim dokter maupun paramedis yang bertugas di setiap kloter," kata Muhammad Syahrir.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement