Senin 29 Apr 2024 12:32 WIB

Menag Minta Penyelenggaraan Haji 2024 Jadi yang Terbaik

Gus Yaqut tidak ingin ada lagi hambatan dalam penyelenggaraan ibadah haji tahun ini.

Rep: Muhyiddin/ Red: Ani Nursalikah
Menteri Agama (Menag)Yaqut Cholil Qoumas.
Foto: Republika/Prayogi
Menteri Agama (Menag)Yaqut Cholil Qoumas.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas atau Gus Yaqut meminta jajaran Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama untuk menjadikan penyelenggaraan haji 2024 yang terbaik. Sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), kata dia, penyelengaraan haji tahun ini harus lebih baik dari tahun sebelumnya.

"Arahan Presiden Joko Widodo penyelengaraan haji tahun ini harus lebih baik dari tahun sebelumnya. Ditjen PHU harus menyelenggarakan ibadah haji tahun ini dengan baik tanpa kendala berarti," ujar Gus Yaqut dalam keterangannya di Jakarta, Senin (29/4/2024) .

Baca Juga

Gus Yaqut tidak ingin ada lagi hambatan dalam penyelenggaraan ibadah haji tahun ini. Jika ada hambatan, kata dia, maka harus segera melakukan mitigasi dari sekarang.

"Penyelenggaraan haji tahun ini harus menjadi yang terbaik sepanjang kepemimpinan Presiden Joko Widodo," ucap dia.

Pada Ahad (28/4/2024), Gus Yaqut juga telah memimpin rapat persiapan haji 1445 H/2024 M di rumah dinas Komplek Widya Chandra, Jakarta. Rapat ini dihadiri Dirjen PHU Hilman Latief dan jajaran, Irjen Kemenag Faisal, Sekjen Kemenag Muhammad Ali Ramdhani para Staf Khusus, Staf Ahli dan Tenaga Ahli Menteri Agama.

Dalam kesempatan tersebut Dirjen PHU Kemenag, Hilman Latief memaparkan update persiapan penyelenggaraan ibadah Haji 2024, baik dalam negeri maupun di Arab Saudi, mulai dari akomodasi, transportasi, hinga konsumsi jsmaah.

Selain update persiapan penyelenggaraan haji 2024, rapat juga membahas persiapan kunjungan Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Tawfiq F Rabiah ke Indonesia. Delegasi Arab Saudi akan berkunjung ke Indonesia pada 29 April hingga 2 Mei 2024.

Dalam kunjungannya, Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi akan bertemu dengan Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin, pertemuan khusus dengan Menag Yaqut Cholil Qoumas, berkunjung ke MUI, serta Lokakarya Peraturan Kesehatan pada Musim Haji Tahun 1445H.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement