Senin 29 Apr 2024 16:59 WIB

Solo Berangkatkan 460 Jamaah Haji Tahun Ini

Haji tahun ini dengan tagline ramah lansia.

Rep: Noor Alfian/ Red: Muhammad Hafil
Jamaah haji kuota tambahan dari kloter 96 embarkasi Solo atau  SOC 96  dengan 280 penumpang tiba di Hotel Gloria Fayrouz Al Massi (Syimaliyah), Selasa pukul 04.00 waktu Arab Saudi (WAS). Total sudah ada sembilan kelompok terbang (kloter) jamaah haji kuota tambahan yang telah tiba melalui Bandara Amir Mohammad bin Abul Aziz (AMAA) Madinah sejak 16 Juni 2023. Dijadwalkan masih ada tiga kloter lagi sehingga total kloter tambahan di Madinah mencapai 13 kloter.
Foto: Agung Sasongko/Republika
Jamaah haji kuota tambahan dari kloter 96 embarkasi Solo atau SOC 96 dengan 280 penumpang tiba di Hotel Gloria Fayrouz Al Massi (Syimaliyah), Selasa pukul 04.00 waktu Arab Saudi (WAS). Total sudah ada sembilan kelompok terbang (kloter) jamaah haji kuota tambahan yang telah tiba melalui Bandara Amir Mohammad bin Abul Aziz (AMAA) Madinah sejak 16 Juni 2023. Dijadwalkan masih ada tiga kloter lagi sehingga total kloter tambahan di Madinah mencapai 13 kloter.

REPUBLIKA.CO.ID,SOLO–Kementerian Agama (Kemenag) Solo menyebutkan ada 460 orang asal Solo untuk berangkat ke tanah suci tahun ini. 

Kepala Kantor Kemenag Solo, Hidayat Maskur mengungkapkan jumlah tersebut 60 persen diantaranya adalah lansia. Ia juga mengatakan jika dibandingkan tahun lalu setidaknya ada sembilan orang tambahan. 

Baca Juga

"Insyaallah kami tetap kami mengambil tagline haji ramah lansia untuk tahun 2024. Untuk semua layanan diselaraskan melayani yang lansia terlebih dahulu. Bagian dari prioritas," kata Hidayat saat dihubungi awak media, Senin (29/4/2024). 

Hidayat menjelaskan dari total jumlah tersebut calon jemaah haji (calhaj) akan dibagi dalam 2 kloter. Di mana kloter pertama berjumlah 205 orang dan kloter kedua sejumlah 255. Kloter pertama akan diberangkatkan pada 5 Juni 2024 pukul 01:35 WIB dan kloter kedua pada 6 Juni 2024 dari Bandara Adi Soemarmo Solo. 

Selain itu ada juga 30 orang berstatus cadangan. "Pelunasan sudah lama, kami juga punya cadangan 30 orang. Nanti ada 2 kloter," katanya. 

Pihaknya berharap pelaksanaan ibadah haji tahun bisa lebih baik. Hal tersebut mengingat hasil evaluasi yang dilakukan pasca pandemi lalu.

"Ya kami kemarin pascapandemi memang banyak belajar karena kuota kami lebih besar. Hasil belajar sudah kami analisa. Dan harapan ke depan harus lebih baik dari tahun kemarin," katanya mengakhiri. 

Selain itu, pihaknya juga mengimbau agar para jamaah tidak melakukan kegiatan yang menguras tenaga serta pikiran mendekati waktu keberangkatan.

"Kemari ada launching senam haji. Senam seperti Aerobik diperuntukkan untuk para lansia. Mendekati waktunya jangan ada kegiatan yang menguras banyak tenaga dan pikiran sehingga nanti relax," katanya mengakhiri. 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement