Rabu 01 May 2024 12:56 WIB

20 Persen Calon Jamaah Haji Kabupaten Tangerang Lansia

Tahun ini tagline haji masih ramah lansia.

Jamaah haji (ilustrasi)
Foto: Republika
Jamaah haji (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --Kepala Seksi (Kasie) Urusan Haji dan Umrah Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tangerang Ahmad Jubaedi menyebutkan sekitar 20 persen calon jamaah haji asal daerah itu merupakan lanjut usia (lansia) dengan umur 65 tahun ke atas.

"Tahun ini tagline-nya masih ramah lansia. Jadi, dari seluruh calon jamaah haji sekitar 20 persen adalah lansia," ucap Jubaedi di Tangerang, Rabu.

Baca Juga

Ia mengatakan pada tahun ini Kabupaten Tangerang mendapat tambahan jumlah jamaah sebanyak 15 persen dibandingkan dengan tahun 2023 yang hanya 1.986 jiwa, sehingga tahun ini menjadi 2.494 jiwa.

Pada pelaksanaan haji tahun ini pihaknya memfokuskan layanan Haji Ramah Lansia, mulai dari konsumsi, dokumen, rangkaian mekanisme keberangkatan, hingga kepulangan para jamaah.

Para calon jamaah haji tersebut, lanjut dia,  siap diberangkatkan ke Tanah Suci pada 13 Mei 2024. "Untuk kloter pertama pemberangkatan, insya Allah, mulai tanggal 13 Mei 2024," katanya.

Dari rencana keberangkatan ribuan calon jamaah haji asal Kabupaten Tangerang akan dibagi menjadi beberapa kloter pemberangkatan.

"Satu kloter terdiri dari 388 calon jamaah haji ditambah lagi petugas haji menggunakan maskapai Saudia Airways," terangnya.

"Kemudian dari 2.494 jiwa terbagi menjadi enam kloter (kelompok terbang), dengan lima kloter full calon jamaah haji Kabupaten Tangerang dan satu kloter gabungan dengan kota/kabupaten se-Provinsi Banten," tambahnya.

Dia menambahkan untuk calon jamaah haji periode 2024 ini akan masuk pemberangkatan dalam Embarkasi Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta. "Sementara kepulangan masuk dalam Debarkasi Asrama Haji Tangerang," kata dia.

  

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement