Kamis 02 May 2024 20:40 WIB

Penjabat Bupati Temanggung Lepas 660 Calon Jamaah Haji

Haji adalah dambaan banyak Muslim di banyak negeri.

Jamaah haji.
Foto: ANTARA/Nancy L Tigauw
Jamaah haji.

REPUBLIKA.CO.ID, TEMANGGUNG -- Sebanyak 660 orang calon jamaah haji (calhaj) dari Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, yang terbagi dalam dua kelompok terbang (kloter) yakni 1 dan 2 dari Bandara Adisumarmo Solo, dilepas Penjabat (Pj) Bupati Temanggung Hary Agung Prabowo.

Pj Bupati Hary Agung Prabowo di Temanggung, Kamis, mengatakan ibadah haji adalah ibadah sosial bagi umat Islam dan mendapat panggilan dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala (SWT).

Baca Juga

Ibadah haji juga merupakan ibadah yang mempunyai pelajaran-pelajaran, kata dia. Oleh karena itu, calhaj diminta selalu menaati aturan yang ada dan selalu tertib.

"Calhaj harus hikmat dan khusyuk dalam beribadah, menjalankan tuntunan yang ada," katanya.

Ibadah haji membutuhkan fisik dan kesehatan mental. Oleh karena itu, para calhaj harus mempersiapkan fisik dan mental secara maksimal, menjaga kesehatan agar selalu dalam kondisi prima.

"Kloter satu dan dua akan lebih dahulu menjalankan ibadah sunah. Tenaga jangan terlalu diforsir untuk ibadah sunah, jangan sampai saatnya menjalankan ibadah wajib justru tidak tercapai," katanya.

Dia berdoa dilakukan semua calhaj agar selamat, sehat, serta dapat menjalankan semua rukun haji, sehingga mendapatkan predikat haji mabrur.

Dia meminta calon jamaah haji mendoakan Kabupaten Temanggung agar ke depan menjadi daerah yang gemah ripah lohjinawi.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Temanggung Fathurrohman mengatakan dari Kabupaten Temanggung rencana ada 660 calhaj dan lima pendamping pada musim haji tahun ini. Mereka diberangkatkan dalam dua kloter yakni satu dan dua dari embarkasi Solo.

"Jamaah tertua atas nama Sumahedi (89) dan termuda Lukman Hakim (20)," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement