Jumat 03 May 2024 20:01 WIB

Embarkasi Surabaya Berangkatkan Kloter Jamaah Haji Terbanyak

Untuk pertama kalinya embarkasi Surabaya akan mengunakan layanan fast track.

Rep: Muhyiddin/ Red: Ani Nursalikah
Jamaah calon haji tiba di asrama haji embarkasi Surabaya, di Surabaya, Jawa Timur.
Foto: Antara/Didik Suhartono
Jamaah calon haji tiba di asrama haji embarkasi Surabaya, di Surabaya, Jawa Timur.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Pada musim haji 2024, pemerintah Indonesia akan memberangkatkan 241 ribu jamaah haji ke Tanah Suci, yang terbagi menjadi 554 kelompok terbang (Kloter). Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Ditjen PHU Kementerian Agama, Saiful Mujab mengatakan, kloter terbanyak berangkat melalui Embarkasi Surabaya.

"Jamaah haji melalui Embarkasi Surabaya tahun ini sebanyak 106 kelompok terbang. Artinya kloter melalui Embarkasi Surabaya menjadi yang terbanyak dari total 554 kelompok terbang tahun ini," ujar Mujab dalam keterangannya, Jumat (3/5/2024).

Baca Juga

Selain itu, menurut dia, untuk pertama kalinya embarkasi Surabaya akan mengunakan layanan fast track. Menurut Saiful, layanan ini adalah sebuah penghargaan yang diberikan Pemerintah Arab Saudi kepada Indonesia.

Pemerintah Arab Saudi menyediakan tiga layanan fast track dalam Mecca Route Haji 1445 H/2024 M, yakni Bandara Djuanda Surabaya, Adi Soemarmo Solo, dan Soekarno-Hatta Tangerang, Banten.

"Hanya Indonesia yang memiliki tiga layanan fast track di dunia dalam penyelengaraan ibadah haji," ucap Mujab.

Dengan fast track, lanjut dia, jemaah saat turun di Madinah atau Jeddah bisa langsung menuju pemondokan, sehingga memberi kemudahan dan kenyamanan kepada calon jamaah haji Indonesia.

Keberangkatan jemaah haji Indonesia terbagi dalam dua gelombang. Pemberangkatan gelombang pertama dijadwalkan dari 12 -23 Mei 2024. Untuk gelombang kedua, pemberangkatan jemaah akan berlangsung dari 24 Mei-10 Juni 2024.

"Pada 12 Mei nanti ada 22 kloter yang akan menuju tanah suci, termasuk dari Embarkasi Surabaya. Kami memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Pemprov Jatim yang ikut berkomitmen dalam memberikan pelayanan kepada Jemaah Haji," kata mantan Kanwil Kemenag DKI Jakarta ini.

Plt Kakanwil Kemenag Jawa Timur, Mufi Imron Rosyadi menambahkan, Embarkasi Surabaya tahun ini akan melayani 39.228 calon jamaah haji. Jumlah ini terdiri atas 37.271 jamaah asal Jawa Timur, 732 jamaah asal Bali, 695 jemaah dari NTT. Selain itu, ada 530 petugas kloter.

"Jamaah Haji Embarkasi Surabaya Tahun 2024 tergabung dalam 106 kloter yang diberangkatkan ke Arab Saudi dengan Maskapai Saudia Arabian Airlines," kata dia.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement