Senin 06 May 2024 06:30 WIB

Jadwal Pemberangkatan dan Pemulangan Jamaah Haji Indonesia, Kloter Pertama Jalan 12 Mei

Ada 14 asrama haji yang melayani pemberangkatan calon jamaah haji.

 Seorang petugas haji Indonesia sedang melayani jamaah haji (Ilustrasi)
Foto: Republika/Amin Madani
Seorang petugas haji Indonesia sedang melayani jamaah haji (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kelompok terbang gelombang pertama calon jamaah haji Indonesia 2024 akan masuk asrama pada 11 Mei 2024. Secara bertahap calhaj akan diberangkatkan pada 12 Mei 2024.

Direktur Layanan Haji dalam Negeri Saiful Mujab menjelaskan, Indonesia tahun ini mendapat 241.000 kuota haji. Jumlah ini terdiri atas 213.320 jamaah haji reguler dan 27.680 jamaah haji khusus.

“Proses pembagian kloter (kelompok terbang) dan penyusunan jadwal keberangkatan dan kepulangan jamaah sudah selesai. Kloter pertama akan mulai terbang pada 12 Mei 2024 ke Tanah Suci,” kata Saiful Mujab di Jakarta, Ahad (5/5/2024).

Dia menjelaskan, ada 14 asrama haji embarkasi di seluruh Indonesia yang akan melayani pemberangkatan jamaah haji, yaitu: Embarkasi Aceh (BTJ), Medan atau Kualanamu (KNO), Batam (BTH), Padang (PDG), Palembang (PLM), Jakarta Pondok Gede (JKG), Jakarta Saudia (CKG SV atau JKS), Kertajati (KJT), Solo (SOC), Surabaya (SUB), Lombok (LOP), Balikpapan (BPN), Banjarmasin (BDJ), dan Makassar atau Ujungpandang (UPG). Keberangkatan jamaah haji Indonesia terbagi dalam dua gelombang.

Pemberangkatan gelombang pertama dijadwalkan dari 12 - 23 Mei 2024. Untuk gelombang kedua, pemberangkatan jamaah akan berlangsung dari 24 Mei - 10 Juni 2024.

“Pada hari pertama, ada 22 kloter yang akan terbang ke Arab Saudi, yaitu: dua kloter dari Embarkasi Jakarta – Pondok Gede, tiga kloter dari Embarkasi Jakarta – Bekasi (JKS), lima kloter dari embarkasi Solo, lima kloter dari Embarkasi Surabaya, serta masing-masing satu kloter dari Embarkasi Batam, Palembang, Banjarmasin, Kertajati, Lombok, Makassar, dan Padang,” sebut Saiful Mujab.

Karena itu, dia mengimbau kepada calhaj untuk menjaga kesehatan menjelang pemberangkatan ke Tanah Suci. “Jelang keberangkatan, saya mengimbau jamaah haji Indonesia untuk menjaga kesehatan dan kebugaran, cukup istirahat serta tidak terlalu banyak beraktivitas,” ucap dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement