Selasa 07 May 2024 23:30 WIB

Pemkab Hulu Sungai Tengah Siapkan Transportasi dan Konsumsi Calon Jamaah Haji

Tahun ini, 298 calon jamaah Hulu Sungai Tengah akan menunaikan haji.

Sejumlah kerabat melambaikan tangan kepada jamaah calon haji di halaman aula GPU Palampang Tarung, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Minggu (4/6/2023).
Foto: ANTARA FOTO/Auliya Rahman
Sejumlah kerabat melambaikan tangan kepada jamaah calon haji di halaman aula GPU Palampang Tarung, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Minggu (4/6/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, HULU SUNGAI TENGAH -- Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (Pemkab HST) memberangkatkan sebanyak 298 jamaah calon haji (Calhaj) dengan berbagai fasilitas guna mendukung kelancaran ibadah haji tersebut menuju tanah suci di Arab Saudi.

“Kami memberikan banyak fasilitas agar ibadah haji di tanah suci dapat berjalan baik, demikian juga saat kepulangan tetap kami fasilitasi,” kata Bupati HST Aulia Oktafiandi di Hulu Sungai Tengah, Kalsel, Selasa (7/5/2024).

Baca Juga

Dia menekankan pemerintah daerah terus melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan ibadah haji, salah satunya melalui Peraturan Daerah (Perda) Nomor 11 Tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji Daerah.

“Kebijakan dalam perda ini menunjukkan komitmen dan bentuk perhatian Pemkab Hulu Sungai Tengah agar penyelenggaraan ibadah haji berjalan dengan maksimal dan sesuai dengan harapan,” tuturnya.

Aulia menyebutkan berbagai fasilitas yang diberikan kepada jamaah calon haji antara lain, yakni transportasi berupa bus yang disediakan bagi jamaah untuk keberangkatan dari Kabupaten Hulu Sungai Tengah menuju embarkasi di Banjarbaru dan sebaliknya saat kepulangan.

Selain itu, Pemkab HST memberangkatkan dua petugas haji daerah untuk bertugas membantu jamaah calon haji selama menjalani ibadah haji di Tanah Suci Makkah.

Kemudian, menyediakan anggaran konsumsi untuk keberangkatan dan kepulangan, menyediakan kain seragam sasirangan untuk semua jamaah sebagai penanda agar mempermudah petugas maupun sesama jamaah untuk saling mengenali saat di tanah suci, lalu memberikan buku manasik haji dan buku memori haji kepada para jamaah.

Aulia mengatakan hal yang tidak kalah penting adalah memberikan pelayanan kesehatan kepada para jamaah melalui Dinas Kesehatan, seperti pemberian Vaksin Meningitis, tes kebugaran jasmani, pemeriksaan kesehatan lainnya, serta pendampingan oleh tim kesehatan haji.

“Saya menitipkan pesan kepada jamaah calon haji agar mendoakan Kabupaten Hulu Sungai Tengah lancar dalam segala urusan pemerintahan dan masyarakat terbebas dari bencana, serta pemerintah daerah juga dapat mengurangi berbagai permasalahan dan tantangan birokrasi pemerintahan,” ujarnya.

Bupati HST secara resmi melaksanakan pelepasan terhadap 298 jamaah calon haji asal HST di Pendopo Hulu Sungai Tengah pada Senin (6/5/2034).

Sebelum pelepasan, turut dilaksanakan sholat hajat bersama, tausiyah oleh Guru Murjani, dan sosialisasi kebijakan pemerintah daerah dalam mendukung pelaksanaan ibadah haji 1445 Hijriyah/2024.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement