Kamis 16 May 2024 20:37 WIB

Seorang Jamaah Haji Asal Kuningan Meninggal Sebelum Pemberangkatan

Jamaah haji yang meninggal berasal dari Kuningan.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Muhammad Hafil
Polres Indramayu pastikan keberangkatan calhaj asal Kabupaten Bandung dari Asrama Haji Indramayu menuju Bandara Kertajati Majalengka berjalan aman, Kamis (16/5/2024) pukul 05.25 WIB.
Foto: Dok Humas Polres Indramayu
Polres Indramayu pastikan keberangkatan calhaj asal Kabupaten Bandung dari Asrama Haji Indramayu menuju Bandara Kertajati Majalengka berjalan aman, Kamis (16/5/2024) pukul 05.25 WIB.

REPUBLIKA.CO.ID,KUNINGAN – Sebanyak 431 orang calon jamaah haji (calhaj) asal Kabupaten Kuningan diberangkatkan menuju Asrama Haji Indramayu, Kamis (16/5/2024). Mereka selanjutnya akan diterbangkan ke Tanah Suci melalui Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati Kabupaten Majalengka, Jumat (17/5/2024).

Ratusan calhaj yang tergabung dalam Kloter 6 Embarkasi Kertajati itu dilepas secara resmi oleh Penjabat Bupati Kuningan, Iip Hidajat, di pelataran Masjid At-Taufiq Kawasan Kuningan Islamic Centre (KIC).

Baca Juga

Kepala Bagian Kesra Pemkab Kuningan selaku Ketua PPIH, Nunung Nurjati, menjelaskan, jumlah calhaj yang masuk ke dalam Kloter 6 Embarkasi Kertajati itu semestinya 432 orang. Namun, ada satu orang calhaj yang meninggal dunia sebelum pemberangkatan.

‘’Innalilahi Wa Inna Ilaihi Rojiun, salah satu jamaah haji asal Cibingbin meninggal dunia kemarin sebelum pemberangkatan. Sehingga pemberangkatan pertama di Kloter 6 ini berkurang menjadi 431 orang. Kita doakan agar beliau mendapat tempat di surga-Nya Allah SWT,’’ kata Nurjati.

 

Nurjati menambahkan, dalam rombongan calhaj juga terdapat delapan orang petugas yang akan mendampingi pemberangkatan mereka.

‘’Rombongan jamaah haji sudah ditunggu di Asrama Haji Indramayu dan rencananya akan diberangkatkan melalui Bandara Kertajati Majalengka besok (Jumat), 17 Mei 2024 pukul 06.50 WIB,’’ terang Nurjati.

Sementara itu, Pj Bupati Kuningan, Iip Hidajat, menyampaikan selamat kepada seluruh calhaj yang akan melaksanakan rukun Islam kelima pada tahun ini.

’Keberangkatan Bapak Ibu adalah sesuatu yang patut disyukuri, karena telah menunggu cukup lama untuk dapat menunaikan ibadah haji tahun ini. Gunakan kesempatan untuk beribadah semaksimal mungkin dan sebaik-baiknya,’’ kata Iip.

Seperti diketahui, jumlah calhaj asal Kabupaten Kuningan pada tahun ini berjumlah total 1.054 orang. Mereka dibagi pemberangkatannya melalui tiga kloter.

 Untuk pemberangkatan kedua pada kloter 13, akan dilakukan pada 23 Mei 2024 dan terdiri dari 440 orang. Sedangkan pemberangkatan ketiga pada kloter 30, akan dilakukan pada 9 Juni 2024 dan terdiri dari 173 orang. 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement