Ahad 19 May 2024 18:25 WIB

Besok Jamaah di Madinah Mulai Didorong ke Makkah untuk Persiapan Puncak Haji

Sebelum ke Makkah, jamaah akan mengambil Miqat Umrah di Bir Ali.

Petugas haji menyambut kedatangan jamaah dan melayani jamaah lansia di Madinah.
Foto: Republika/Karta Raharja Ucu
Petugas haji menyambut kedatangan jamaah dan melayani jamaah lansia di Madinah.

REPUBLIKA.CO.ID, Laporan Jurnalis Republika Karta Raharja Ucu dari Madinah, Arab Saudi

MADINAH -- Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Daerah Kerja (Daker) Madinah akan mendorong jamaah haji gelombang pertama 2024 dari Kota Madinah Al Munawwarah ke Makkah Al Mukarramah, Senin (20/5/2024). Sebelum ke Mekkah, jamaah dari Madinah diminta memakai kain ihram dari hotel dan mengambil Miqat Umrah di Masjid Dzilhulaifah atau Bir Ali.

Baca Juga

Tim Media Center Kementerian Agama Widi Dwinanda menjelaskan, dalam perjalanan dari Madinah menuju Makkah, jamaah haji akan terlebih dahulu mengambil Miqat Makani (tempat) untuk berihram di Masjid Dzulhulaifah atau lebih dikenal dengan sebutan Bir Ali.

“PPIH Arab Saudi Daker Madinah terus melakukan persiapan teknis dan koordinasi intensif agar proses tahapan ini berjalan lancar,” kata Tim Media Center Kementerian Agama Widi Dwinanda, Ahad (19/5/2024).

PPIH Arab Saudi Daker Makkah juga sedang bersiap menyambut kedatangan jamaah dari Madinah ke Kota Makkah. Ada 170 hotel yang disewa dengan skema full musim.

"Pemondokan ini tersebar di lima wilayah, yaitu Syisyah, Raudhah, Jarwal, Misfalah, dan juga Ray Bakhs,” ucapnya.

Widi menjelaskan, hotel-hotel yang menjadi pemondokan jamaah telah dilengkapi dengan fasilitas ramah lansia dan disabilitas, seperti kursi tunggu prioritas ramah lansia, lift untuk lansia, kamar mandi dan sebagainya. “Penanda dan stiker-stiker imbauan untuk prioritas lansia dan disabilitas juga sudah dipasang,” katanya.

Selain penyiapan pemondokan, sarana transportasi bus shalawat yang akan mengantar jamaah dari hotel ke Masjidil Haram dan sebaliknya. "Serta layanan katering jamaah telah disiapkan PPIH Arab Saudi Daker Makkah," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement