Kamis 23 May 2024 22:36 WIB

Soal Kursi Roda di Masjidil Haram, Jamaah Haji Diingatkan Pakai Jasa Resmi

petugas haji akan mendata dan mengelompokkan jamaah yang menggunakan kursi roda.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Muhammad Hafil
Petugas mendorong kursi roda calon haji saat kedatangannya di Asrama Haji Embarkasi Surabaya (AHES), Surabaya, Jawa Timur, Rabu (22/5/2024). Sebanyak 742 calon haji dan petugas kloter 45 dan 46 asal Kabupaten Pasuruan, Kota Pasuruan dan Kabupaten Gresik yang merupakan kloter terakhir gelombang pertama itu dijadwalkan berangkat ke Tanah Suci pada Kamis (23/5).
Foto: ANTARA FOTO/Didik Suhartono
Petugas mendorong kursi roda calon haji saat kedatangannya di Asrama Haji Embarkasi Surabaya (AHES), Surabaya, Jawa Timur, Rabu (22/5/2024). Sebanyak 742 calon haji dan petugas kloter 45 dan 46 asal Kabupaten Pasuruan, Kota Pasuruan dan Kabupaten Gresik yang merupakan kloter terakhir gelombang pertama itu dijadwalkan berangkat ke Tanah Suci pada Kamis (23/5).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jamaah haji Indonesia secara bertahap sudah mulai tiba di Makkah untuk melakukan umroh wajib. Jamaah haji yang membutuhkan kursi roda, diimbau gunakan jasa pendorong resmi di Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi.

Pesan ini disampaikan anggota Media Center Kementerian Agama (Kemenag) Widi Dwinanda saat membacakan keterangan resmi Kemenag di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Kamis (23/5/2024).

Baca Juga

Menurutnya, setelah sampai di hotel Makkah, petugas haji akan mendata dan mengelompokkan jamaah yang menggunakan kursi roda. Kebanyakan dari mereka adalah jamaah lanjut usia, disabilitas dan jamaah risiko tinggi. Petugas juga akan mengatur proses pelaksanaan umroh jamaah pengguna kursi roda.

“Didampingi petugas, para jamaah tersebut masuk ke bus shalawat yang telah dilengkapi akses naik kursi roda untuk dibawa ke Masjidil Haram,” ujar Widi.

Widi menyampaikan, petugas melakukan pengecekan kembali dengan cermat untuk memastikan jamaah telah mengenakan pakaian ihram dengan benar, berwudu, dan membimbing jamaah untuk berdoa sebelum naik bus shalawat.

“Sepanjang perjalanan ke Masjidil Haram, petugas haji terus membimbing dan memimpin jamaah bertalbiyah,” kata Widi.

Ia menjelaskan, untuk memperlancar prosesi Tawaf dan Sai, khususnya bagi jamaah haji lanjut usia dan disabilitas, pengelola Masjidil Haram memfasilitasi dan menyediakan layanan penyewaan pendorong kursi roda serta penyewaan skuter. 

“Pengelola Masjidil Haram menyediakan jalur khusus bagi jamaah yang akan Tawaf dan Sai menggunakan jasa pendorong kursi roda dan jalur khusus skuter,” jelasnya. 

Menurutnya, pengelola masjid telah menetapkan besaran tarif jasa pendorong kursi roda dan skuter. Mekanisme pembayaran dilakukan usai jamaah menyelesaikan ibadahnya dengan rincian tarif: Pra Puncak Haji: Paket Tawaf dan Sa’i SAR 250 dan Pasca Puncak Haji: Paket Tawaf dan Sa’i SAR 500 sampai 600.

“Petugas haji layanan lansia akan menyiapkan kartu kendali untuk membantu jamaah dalam menyewa kursi roda di terminal Syib Amir dan terminal Ajyad,” jelas Widi.

Ia menyebut, pendorong kursi roda resmi yang ada di Masjidil Haram bisa dikenali dengan ciri-ciri. Pertama, mengenakan rompi petugas pendorong kursi roda. Kedua, rompi pendorong berwarna abu-abu dan hijau lumut (shift pagi) atau berwarna coklat (shift malam). Ketiga, ada nomor punggung dan nomor dada pada rompinya.

“Mengenal dengan baik ciri dan identitas khusus pendorong kursi roda tersebut oleh jemaah sangat penting untuk menghindari oknum atau pihak lain yang menawarkan jasa pendorong jemaah yang akan Tawaf dan Sai dengan tarif di luar ketentuan yang ditetapkan pengelola masjid dan akan merugikan jamaah,” jelasnya. 

Wini menegaskan, abaikan jika ada oknum yang menawarkan jasa kursi roda di luar petugas dan tarif resmi yang dikeluarkan pengelola masjid dan tidak mengenakan identitas resmi dan imbauan ini sebagai bagian dari upaya perlindungan petugas terhadap jamaah.

Widi menambahkan, PPIH Arab Saudi juga mengimbau jamaah sebelum menjalankan umroh wajib agar tetap membawa tas kecil berisi kelengkapan dokumen yang dibutuhkan, membawa kantong sandal dan dibawa selama ibadah umrah.

“Tetap mengenakan identitas pengenal berupa gelang dan smart card yang telah diberikan petugas, tetap berkelompok untuk menghindari potensi tersesat,” ujar Widi.

Widi menambahkan, jangan sungkan meminta bantuan petugas haji jika menemukan kesulitan. PPIH Arab Saudi telah menempatkan petugas yang berada di terminal, di area dan di malam masjid dengan seragam yang mudah dikenali. Mereka bersiaga 24 jam untuk membantu dan melayani jamaah selama menjalankan ibadah di Masjidil Haram.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement