Sabtu 25 May 2024 18:07 WIB

8.974 Calon Jamaah Haji Indonesia Diberangkatkan ke Jeddah pada Sabtu

Calon jamaah haji yang diberangkatkan hari ini berasal dari berbagai embarkasi.

Kerabat memberikan ucapan perpisahan kepada calon  haji di Bandara DEO Kota Sorong, Papua Barat Daya Jumat (24/5/2024). Jamaah calon haji Papua Barat Daya berjumlah 374 orang dengan rincian, Kota Sorong 234 orang, Kabupaten Sorong 81 orang, Kabupaten Raja Ampat 25 orang, Kabupaten Sorong Selatan 20 orang, Kabupaten Tambrauw 9 orang dan Kabupaten Maybrat 5 orang yang diberangkatkan dalam kloter 20 dan 21 menuju embarkasi Makassar untuk selanjutnya berangkat ke tanah suci.
Foto: ANTARA FOTO/Olha Mulalinda
Kerabat memberikan ucapan perpisahan kepada calon haji di Bandara DEO Kota Sorong, Papua Barat Daya Jumat (24/5/2024). Jamaah calon haji Papua Barat Daya berjumlah 374 orang dengan rincian, Kota Sorong 234 orang, Kabupaten Sorong 81 orang, Kabupaten Raja Ampat 25 orang, Kabupaten Sorong Selatan 20 orang, Kabupaten Tambrauw 9 orang dan Kabupaten Maybrat 5 orang yang diberangkatkan dalam kloter 20 dan 21 menuju embarkasi Makassar untuk selanjutnya berangkat ke tanah suci.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) memberangkatkan sebanyak 8.974 calon haji Indonesia ke Jeddah, Arab Saudi pada hari-14 operasional haji Indonesia, Sabtu (25/5/2024).

 

Baca Juga

Seluruh calon jamaah haji yang tergabung ke dalam kelompok tersebut akan diterbangkan langsung menuju King Abdul Aziz International Airport (KAAIA) Jeddah, dan akan langsung bertolak menuju Makkah.

 

 

"Hari ini, Sabtu, 25 Mei 2024 terdapat 23 kelompok terbang dengan jumlah calon haji 8.974 orang, akan diterbangkan ke Jeddah," kata Petugas Media Center Haji (MCH) Widi Dwinanda dalam konferensi pers penyelenggaraan ibadah haji, yang diikuti secara daring di Jakarta, Sabtu.

 

Secara rinci, Widi menyebutkan seluruh calon jamaah haji yang diberangkatkan hari ini berasal dari berbagai embarkasi, di antaranya embarkasi Medan (KNO) sebanyak 720 orang atau dua kloter, embarkasi Batam (BTH) sebanyak 350 orang atau satu kloter dan embarkasi Palembang (PLM) sebanyak 450 orang atau satu kloter.

Selanjutnya, embarkasi Padang (PDG) sebanyak 393 orang atau satu kloter, embarkasi Jakarta-Pondok Gede (JKG) sebanyak 1.320 orang atau tiga kloter, dan embarkasi Makassar (UPG) sebanyak 900 orang atau dua kloter.

 

"Embarkasi Jakarta-Bekasi (JKS) sebanyak 440 orang atau satu kloter, embarkasi Solo (SOC) sebanyak 1.440 orang atau empat kloter," ujarnya.

 

Kemudian, embarkasi Kertajati (KJT) sebanyak 440 orang atau satu kloter dan embarkasi Surabaya (SUB) sebanyak 1.484 orang atau empat kloter. Selanjutnya, embarkasi Banjarmasin (BDJ) sebanyak 320 orang atau satu kloter, serta embarkasi Lombok (LOP) sebanyak 393 orang atau satu kloter.

 

Selain itu, Widi menyebut terdapat pula satu kloter terakhir calon jamaah haji yang diterbangkan ke Madinah. Mereka adalah jamaah asal embarkasi Solo (SOC) dengan jumlah 360 orang atau satu kloter.

 

"Sehingga total 22 kloter dengan jumlah calon haji yaitu 8.548 orang yang hari ini diterbangkan ke Tanah Suci," lanjutnya.

 

Kemenag menyampaikan kepada seluruh calon jamaah haji untuk tidak ragu dan segan dalam meminta bantuan kepada para petugas, baik sebelum keberangkatan, saat berada di pesawat, maupun setelah tiba di Arab Saudi jika memiliki kesulitan dalam melaksanakan ibadah haji.

 

Selain itu, Kemenag juga mengimbau seluruh jamaah calon haji untuk mengunduh aplikasi Pusaka Superapp yang diterbitkan oleh Kemenag untuk dapat mengakses buku panduan ibadah haji, buku panduan ibadah haji lansia, serta video praktik manasik haji guna memudahkan proses ibadah haji.

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement