Selasa 28 May 2024 18:40 WIB

Menengok Masjid Qiblatain, Tempat Bersejarah Berubahnya Arah Kiblat

Masjid Qiblatain menjadi salah satu lokasi ziarah yang wajib dikunjungi.

Masjid Al-Qiblatain menjadi saksi perpindahan kiblat yang semula berada di Masjidi Al-Aqsa menjadi Kabah.
Foto: Republika/Havid Al Vizki
Masjid Al-Qiblatain menjadi saksi perpindahan kiblat yang semula berada di Masjidi Al-Aqsa menjadi Kabah.

REPUBLIKA.CO.ID, MADINAH -- Dari sekian banyak masjid yang ada di Kota Suci Madinah, Masjid Qiblatain menjadi salah satu lokasi ziarah yang wajib dikunjungi, baik oleh jamaah haji maupun umrah.

Qiblatain merupakan salah satu masjid terpenting dalam sejarah peradaban Islam. Terletak sekitar tujuh Km di sebelah timur laut Masjid Nabawi, masjid yang awalnya bernama Masjid Bani Salamah ini berdiri kukuh.

Baca Juga

Penamaan Masjid Bani Salamah ini, karena dibangun di bekas rumah sahabat Nabi, Bani Salamah. Qiblatain artinya dua kiblat. Di masjid ini Nabi Muhammad saw. mendapat wahyu dari Allah Swt. untuk mengubah arah kiblat dari Masjidil Al Aqsa di Baitul Maqdis (Palestina) ke Ka'bah di Masjidil Haram.

Bahkan, mihrab (penanda arah kiblat) ke Masjidil Aqsa masih terlihat kukuh di Masjid Qiblatain. Saat masuk ruangan masjid, peziarah dapat melihat tanda mihrab tersebut.

 

Dikutip dari Arab News, masjid ini dibangun oleh Sawad bin Ghanam bin Kaab pada tahun kedua hijriah. Konsultan Ibadah PPIH Daker Madinah, Aswadi, bercerita perubahan arah kiblat diyakini terjadi pada bulan Syakban, ketika Nabi Muhammad SAW memimpin sholat Zuhur.

Ketika sudah shalat dua rakaat, turunlah wahyu yang memerintahkan untuk mengubah arah kiblat. Maka Nabi sesegera mungkin mengubah arah kiblat tersebut.

"Karena itu merupakan perintah langsung di rakaat kedua atau dua rakaat bagian yang kedua. Dan langsung baginda Rasul itu mengalihkan kiblatnya itu dari Baitul Maqdis ke Ka'bah Baitullah. Ini kemudian diikuti oleh semua jamaah," kata Aswadi yang juga guru besar UIN Sunan Ampel Surabaya ini.

Sejarah perubahan arah kiblat... Baca di halaman selanjutnya...

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement