Muslim Irlandia akan Merayakan Idul Adha di Croke Park

Selasa , 14 Jul 2020, 07:01 WIB Reporter :Andrian Saputra/ Redaktur : Muhammad Hafil
Muslim Irlandia Akan Merayakan Idul Adha Di Croke Park. Foto ilustrasi: Masjid ICCI Irlandia
Muslim Irlandia Akan Merayakan Idul Adha Di Croke Park. Foto ilustrasi: Masjid ICCI Irlandia

REPUBLIKA.CO.ID, DUBLIN -- Croke Park merupakan stadion di Dublin, Irlandia yang menjadi tuan rumah perayaan Idul Adha. Idul Adha dengan acara pemotongan hewan qurban menjadi perayaan terpenting dalam Islam.

 

Terkait

Seperti dilansir RTE pada Selasa (14/7), diharapkan hanya sebanyak 500 orang akan hadir ke Croke Park yang merupakan stadion utama Asosiasi Atletik Gaelik (GAA) Irlandia. Sehingga, dengan jumlah terbatas itu memungkinkan penerapan jaga jarak sosial.

Baca Juga

Presiden GAA, John Horan, mengatakan, dengan digelarnya perayaan Idul Adha di Croke Park menunjukkan komitmen GAA untuk terbuka. Selain itu menjadikan Croke Park menjadi tempat yang dimiliki bersama.

Syekh DR Umar Al Qadri dari Dewan Perdamaian dan Integrasi Muslim Irlandia mengapresiasi pelaksanaan perayaan Idul Adha bisa berlangsung di Croke Park. Ia mengatakan, pilihan Croke Park sebagai tuan rumah perayaan Idul Adha akan menjadi simbol dan identitas bagi umat Muslim Irlandia, yakni sebagai orang Irlandia dan sebagai Muslim.

Perayaan Idul Adha sendiri akan berlangsung pada 31 Juli-1 Agustus. Berbeda dengan perayaan ramadhan dan idul Fitri tahun sebelumnya di mana umat Muslim melaksanakannya di rumah masing-masing karena adanya pembatasan Covid-19. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini