Kamis 07 Jan 2021 21:20 WIB

4 tewas, 52 ditangkap Usai Demonstran Menyerbu Capitol AS

4 tewas, 52 ditangkap setelah pengunjuk rasa pro-Trump menyerbu Capitol AS

Para pengunjuk rasa Pro-Trump menyerbu halaman Front Timur Capitol AS, di Washington, DC, AS, 06 Januari 2021. Berbagai kelompok pendukung Trump telah membobol Capitol AS dan melakukan kerusuhan saat Kongres bersiap untuk bertemu dan mengesahkan hasil pemilihan Presiden AS 2020.
Foto: EPA-EFE/MICHAEL REYNOLDS
Para pengunjuk rasa Pro-Trump menyerbu halaman Front Timur Capitol AS, di Washington, DC, AS, 06 Januari 2021. Berbagai kelompok pendukung Trump telah membobol Capitol AS dan melakukan kerusuhan saat Kongres bersiap untuk bertemu dan mengesahkan hasil pemilihan Presiden AS 2020.

IHRAM.CO.ID, -- Empat orang tewas di halaman Capitol AS pada Rabu dan 52 orang telah ditangkap.

Hal itu dikatakan Kepala Departemen Kepolisian Metropolitan Robert J. Contee mengatakan pada Rabu malam waku AS, setelah pendukung Presiden Donald Trump menyerbu Capitol dalam upaya yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk menghentikan Kongres dari sertifikasi Presiden terpilih Joe.

Kemenangan pemilihan Biden. Polisi di Capitol AS pada hari Rabu menanggapi dengan senjata yang ditarik dan gas air mata ketika segerombolan pengunjuk rasa menyerbu masuk dan berusaha memaksa Kongres untuk membatalkan kekalahan pemilihan Presiden Donald Trump. Kejadian ini tak lama setelah beberapa rekan Partai Republik Trump meluncurkan upaya terakhir untuk membuang hasil pemilu.

Polisi mengevakuasi Dewan Perwakilan Rakyat dan Senat setelah pengunjuk rasa pro-Trump berbaris melalui aula Kongres, memaksa kedua kamar untuk menunda musyawarah saat mereka bertemu untuk mengesahkan kemenangan Presiden terpilih Joe Biden dalam pemilihan 3 November.

Police officers stand guard as supporters of U.S. President Donald Trump gather in front of the U.S. Capitol Building in Washington (photo credit: LEAH MILLIS/REUTERS)

Seorang pengunjuk rasa menduduki panggung Senat dan berteriak, "Trump memenangkan pemilihan itu." Video menunjukkan polisi menyebarkan gas air mata di dalam gedung.

Wakil Presiden AS Pence mengatakan pengunjuk rasa yang terlibat dengan kekerasan di US Capitol akan dituntut sepenuhnya sesuai hukum. Menurut NBC, seorang wanita ditembak oleh petugas penegak hukum.

Dia kemudian menyerah pada lukanya. Penjabat Menteri Pertahanan AS Chris Miller mengatakan pada hari Rabu bahwa seluruh Pengawal Nasional DC telah diaktifkan dan dia siap untuk memberikan dukungan tambahan jika diminta oleh otoritas lokal.

"Kami telah sepenuhnya mengaktifkan Pengawal Nasional DC untuk membantu penegakan hukum federal dan lokal saat mereka bekerja untuk menangani situasi secara damai," kata Miller.

Sebuah alat peledak ditemukan di markas besar Komite Nasional Republik dan markas terdekat dari Komite Nasional Demokrat dievakuasi setelah paket yang mencurigakan ditemukan pada hari Rabu, menurut New York Times.

Kedua markas terletak di dekat US Capitol. Perangkat peledak di RNC hancur dalam ledakan terkontrol dan paket di DNC belum diidentifikasi.

Adegan kacau terungkap setelah Trump, yang akan meninggalkan kantor pada 20 Januari, berbicara kepada ribuan pengunjuk rasa, mengulangi klaim palsu bahwa pemilu dicuri darinya karena kecurangan dan penyimpangan pemilu yang meluas.

Anggota parlemen telah memperdebatkan upaya terakhir oleh anggota parlemen pro-Trump untuk menantang hasil, upaya yang tidak mungkin berhasil. Anggota parlemen berhasil membawa sertifikat pemilu saat mereka meninggalkan gedung. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement