Rabu 27 Jan 2021 06:47 WIB

Atap Kabah Dibersihkan dalam 40 Menit

Pembersihan Kabah dilakukan dalam beberapa tahap

Rep: Mabruroh/ Red: Esthi Maharani
Kabah di Masjidil Haram
Foto: Reuters
Kabah di Masjidil Haram

IHRAM.CO.ID, MAKKAH -- Sebuah tim teknis khusus yang dikerahkan oleh Presidensi Umum Urusan Dua Masjid Suci telah selesai membersihkan Ka'bah. Tim hanya membutuhkan waktu 40 menit untuk menyelesaikan tugas tersebut.

Muhammad Al-Jabri, Wakil Ketua Bidang Teknis dan Pelayanan, mengatakan, Badan Urusan Teknis dan Pelayanan di bawah kepresidenan yang diwakili oleh Dinas Kebersihan dan Permadani Masjidil Haram telah melakukan pekerjaan pembersihan teras Ka'bah.

“Pembersihan dilakukan dalam beberapa tahap, yang pertama adalah menyapu permukaan Ka'bah, menghilangkan debu dan kotoran burung, kemudian menyeka seluruh permukaan dan penahan kiswa (penutup) serta tembok sekitarnya, dan pintu ke atap Ka'bah dari luar, dengan handuk basah, lalu semua disemprot dengan air dan dilap lagi lalu diakhiri dengan proses dehidrasi," jelasnya dilansir dari Saudi Gazette, Rabu (27/1).

Menurut Al-Jabri, pekerjaan pembersihan dilakukan oleh tim teknis Saudi yang mengkhususkan diri pada perangkat terbaru dan mekanisme modern yang disediakan oleh kepresidenan sehingga dapat menjaga kualitas dan keamanan marmer, menghilangkan kotoran, dan menjaga kebersihan marmer Ka'bah pada khususnya, dan Masjidil Haram pada umumnya.

Al-Jabri mengatakan bahwa layanan dan upaya ini datang dalam pelaksanaan arahan Syekh Abdul Rahman Al-Sudais, kepala presiden.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement