Ahad 14 Feb 2021 08:15 WIB

Bulan Rajab dan Kisah Wanita yang Membaca Surat Al-Ikhlas

Kisah wanita membaca Alquran di bulan Rajab.

Rep: Mabruroh/ Red: Muhammad Hafil
Bulan Rajab dan Kisah Wanita yang Membaca Surat Al-Ikhlas
Foto: republika
Bulan Rajab dan Kisah Wanita yang Membaca Surat Al-Ikhlas

IHRAM.CO.ID,JAKARTA -- Rajab merupakan bulan-bulan yang dihormati atau dalam Alquran disebut Asyhurul Hurum. Pada bulan ini, ada banyak amalan yang bisa dilakukan umat muslim selama bulan Rajab, seperti berpuasa dan memperbanyak istighfar.

Kendati demikian tidak ada ulama yang mewajibkan melaksanakan amalan-amalan tersebut. Sebagian beranggapan bid'ah sebagian hanya sebatas menganjurkan.

Baca Juga

Dalam buku Hikmah dan Rahasia Puasa karya Al-Ghazali dkk dituliskan kisah seorang perempuan yang mengamalkan surat al-ikhlas selama bulan Rajab.

Seorang perempuan ahli ibadah itu tinggal di Baitul Maqdis. Apabila bulan Rajab tiba, dia membaca surah Al-Ikhlas setiap hari sebanyak duabelas kali seraya melepas pakaian suteranya dan mengenakan pakaian yang kasar.

Suatu ketika di bulan Rajab, perempuan ahli ibadah itu jatuh sakit dan berwasiat kepada putranya, agar dikubur dengan pakaian kasarnya kelak ketika dia meninggal dunia..Namun sang anak tidak melaksanakan wasiatnya.

Ketika perempuan ahli ibadah tersebut meninggal, sang anak lantaran ingin dipuji lalu menguburkan jasaz ibunya dengan pakaian suteranya.

Anak tersebut dalam mimpinya melihat ibunya sedang memarahi karena tidak melaksanakan wasiatnya. Terbangunlah dia dalam keadaan ketakutan seraya bergegas menuju ke kuburan ibunya.

Di pemakaman sang anak segera menggali kubur ibunya. Namun betapa terkejutnya anak tersebut, setelah digali ternyata dia tidak menemukan jasad ibunya.

Dalam keadaan terheran-heran, menyesal dan tersedu-sedu dia mendengar suara: "Tidakkah engkau tahu bahwa siapa yang mengagungkan bulan Rajab, maka tidak akan kami tinggalkan sendirian di dalam kuburnya."

 

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement