Senin 29 Mar 2021 21:17 WIB

Indonesia Minta AS Jamin Keselamatan WNI dari Serangan Rasis

WNI diminta waspada serangan rasial

Ilustrasi: Demonstrasi menolak kebentian pada warga Asia di New York, Amerika Serikat.
Foto: Anadolu Agency
Ilustrasi: Demonstrasi menolak kebentian pada warga Asia di New York, Amerika Serikat.

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Indonesia meminta Amerika Serikat (AS) memberikan perhatian khusus dan serius untuk menjamin keselamatan dan keselamatan WNI dari serangan rasial.

Dalam keterangan resmi Kedutaan Besar Indonesia (KBRI) di Washington DC yang diterima Anadolu Agency, pada Senin, Koordinator Fungsi Protokol dan Konsuler (Protkons) KBRI Washington DC Gustaav Ferdinandus mengatakan permintaan tersebut telah disampaikan Kementerian Luar Negeri Indonesia kepada pemerintah AS.

WNI juga diminta untuk tetap tenang dan waspada terkait adanya peningkatan serangan rasial.

Sementara itu, Atase Kepolisian KBRI Washington DC Brigjen Polisi Ary Laksmana Widjaja meminta WNI untuk berani dan saling melindungi apabila menjadi korban kekerasan.

"Minta bantuan warga di sekitar tempat kejadian, dan segera telepon 911. Laporkan juga kepada Perwakilan RI terdekat agar dapat kami bantu secepatnya dan berikan pendampingan," jelas Ary dalam acara diskusi virtual yang digelar KBRI Washington DC.

KBRI Washington DC bersama Konsulat Jenderal Indonesia (KJRI) di New York, Chicago, Houston, Los Angeles, dan San Francisco, telah berkoordinasi dengan otoritas setempat berkomunikasi dengan simpul masyarakat untuk memastikan dan keamanan dan keselamatan WNI di AS.

Serangan rasial di Amerika Serikat yang meningkat belakangan ini juga menimpa warga Indonesia.

Dua gadis remaja Indonesia mengatakan mereka diserang oleh empat gadis remaja lainnya di stasiun Balai Kota Septa, Philadelphia, Jumat lalu.

Dilansir dari NBC Philadelphia, kedua gadis itu yakin bahwa serangan tersebut bermotif rasial.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement